TribunManado/

Perlu Ada Standarisasi Untuk Barista

Baristra saat ini merupakan profesi yang sedang fenomenal. Namun demikian perlu adanya standarisasi untuk profesi tersebut

Perlu Ada Standarisasi Untuk Barista
HERVIANSYAH
Master Asesor Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia (SLPKI), Edy Pangabean dalam Workshop Racik Kopi dari Masyarakat Kopi Indnesia di Ibis City Center Boulevard, Rabu (13/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Baristra saat ini merupakan profesi yang sedang fenomenal. Namun demikian perlu adanya standarisasi untuk profesi tersebut, sehingga biaa terus berkembang.

"Baristra merupakan profesi yangq fenomenal, karena bukan hanya sekedar meracik kopi melainkan harus ada standar kualitas," ujar Master Asesor Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia (SLPKI), Edy Pangabean dalam Workshop Racik Kopi dari Masyarakat Kopi Indnesia di Ibis City Center Boulevard, Rabu (13/9/2017).

Panggabean menambahkan skema sertifikasi Barista perlu digaungkan karena tidak banyak yang tahu sertifikasi itu perlu. Padahal dengan adanya sertifikasi bisa meningkatkan kualitas barista. Apalagi jika ingin bekerja keluar negeri, adanya sertifikat diperlukan.

"Hal ini jangan sampai nantinya barista di Indonesia kalah dibandingkan dengan di tempat lain," ungkapnya.

Apalagi Presiden RI Joko Widodo pernah mengatakan kelak kedepannya Indonesia bukan hanya mengekspor kopi, melainkan barista. "Hal ini merupakan peluang yang baik untuk dikembangkan

Asesor lainnya Yohanes Paulus Amasuba, mengungkapkan sampai saat ini pihaknya telah memberikan sertifikasi sebanyak 300an barista di seluruh Indonesia. Untuk itu pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada

Kegiatan workshop tersebut digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Diikuti barista dan pencinta kopi di Manado. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help