TribunManado/

Citizen Journalism : Waleposan Bukit Mistis yang Berubah Jadi Spot Selfie Keren

Minahasa Utara punya banyak spot menikmato kemegahan Gunung Klabat. Bukit Waleposan,

Citizen Journalism : Waleposan Bukit Mistis yang Berubah Jadi Spot Selfie Keren
IST
Minahasa Utara punya banyak spot menikmato kemegahan Gunung Klabat. Bukit Waleposan, 

Minahasa Utara punya banyak spot menikmato kemegahan Gunung Klabat. Bukit Waleposan, menjadi spot terbaik menikmati indahnya gunung tertinggi di Sulawesi Utara. Berikut tulisan Yunisye Hemelia Leppa, seorang mahasiswa yang merupakan warga Desa Lembean, Minahasa Utara, dalam rubrik Citizen Journalism.

Baru satu tahun belakangan ini, Bukit Waleposan menjadi tempat wisata. Sejak dibuka, bukit ini bak magnet bagi wisatawan. Bukit ini berlokasi di Desa Lembean, Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara. Ketika ada yang posting foto di Instagram atau Facebook, paling banyak yang bertanya di mana lokasinya.

Dari mulut ke mulut hingga media sosial, paling utama, Waleposan akhirnya terkenal di kalangan mereka para pencari spot indah untuk selfie. Hingga dari waktu ke waktu, Waleposan tak pernah sepi.

Dari cerita yang saya dengar, Bukit Waleposan ini adalah bukit mistis yang disakralkan oleh masyarakat Tonsea, sub etnis Minahasa. Bukit ini sangat terkenal karena mistisnya. Sesuai namanya, Wale berarti rumah, Posan berarti meminta. Secara harafiah, Waleposan berarti rumah tempat meminta.

Di bukit inilah para warga sering berkumpul untuk meminta-meminta pada sesuatu yang diyakininya. Berupa kepercayaan animisme. Meminta kekayaan, berkah ataupun kekuatan dalam bentuk cincin ataupun dalam bentuk barang lainnya.

Sebelum injil masuk di Minahasa, banyak warga yang mengunjungi Bukit Waleposan itu. Sesudah injil masuk, mulai berkurang. Namun warga yang masih memercayainya, masih mengunjungi Bukit Waleposan.

Dari bukit ini, warga biasanya melanjutkan ke Danau Seper. Danau yang memang dikenal dengan cerita mistisnya. Setelah dari Bukit Waleposan, ritual dilanjutkan di danau ini.

Namun itu dulu. Kini warga ke Bukit Waleposan untuk menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Tak lagi ada ritual meminta-minta di situ. Jika dulu warga ke situ untuk ritual, sekarang ke sana untuk selfie.

Bukit ini menyajikan pemandangan indah Gunung Klabat dan sebagian Minahasa Utara, Bukit Waleposan berlokasi di Desa Lembean, Kecamatan Kauditan. Danau Seper juga sudah menjadi destinasi wisata, tapi tak setenar Waleposan ini.

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help