TribunManado/

Warga Bolmong Mengaku Mudah dan Nyaman Belanja di Ritel

Kehadiran ritel di Bolaang Mongondow memang membawa dampak plus dan minus. Pendapatan sejumlah warung menurun sejak ada ritel tersebut.

Warga Bolmong Mengaku Mudah dan Nyaman Belanja di Ritel
FINNEKE WOLAJAN
Alfamart di Kabupaten Bolmong 

 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Kehadiran ritel di Bolaang Mongondow memang membawa dampak plus dan minus. Pendapatan sejumlah warung menurun sejak ada ritel tersebut.

Rina, salah seorang pemilik warung di Lolak mengatakan pembelinya kini menurun. Masyarakat lebih banyak membel ke ritel yang ada di pusat kota Lolak.

Menurutnya, paling banyak saat ini warga membeli rokok, serta kebutuhan dapur lainnya seperti minyak, beras, serta bumbu-bumbu lainnya. Rina memang hanya buka warung kecil.

"Seperti rokok, itu pasti habis. Kalau bahan-bahan lain, yah sekarang warga lebih suka belanja di toko. Memang jualan pasti habis, tapi yang sebelumnya cepat habis, kini harus tunggu lama," ujarnya Senin (11/9).

Senada dikatakan, Hamdan, pemilik warung lainnya di jalan trans sulawesi. Memang sangat terasa ketika ritel masuk. Dagangannya mulai sepi pembeli.

"Mungkin di sana (ritel) lebih nyaman, semua ada. Kalau warung kecil begini kan, yah bisa lihat kondisi apa adanya. Paling yang beli tetangga-tetangga. Kalau orang baru, pasti cari Alfamart atau Indomaret," ujarnya.

Hamdan mengaku tak bisa apa-apa. Ia tak mungkin protes. Hamdan mengaku yang menguntungkan sekarang adalah jual bensin eceran. Ketimbang warung, itu masih lebih menguntungkan.

"Kalau bensin pasti habis. Kalau orang beli bensin juga, kadang sama rokok atau air minum. Atau apa saja yang ada di warung. Yah jualan bensin menguntungkanlah," jelasnya.

Sejumlah warga yang ditemui mengaku bersyukur ada ritel d Bolmong. Mereka mengaku sangat terbantu dengan keberadaan ritel. Belanja apa saja lengkap.

"Kalau sudah sampai, tinggal pilih mau belanja apa. Rata-rata kebutuhan sudah ada semua. Tak susah lagi harus cari ini itu dan pindah-pihak tempat seperti sebelumnya," ujar Sherly, warga Lolak.

Yang menjadi keunggulan lain dari ritel yakni tempatnya yang nyaman. Ber-AC serta tertata dengan rapi. Diskon yang diberikan juga sangat membantu.

"Harganya juga lebih murah dari tempat lain. Selisih bisa Rp 1.000 sampai Rp 1.500. Kadang kalau ada promo juga barang-barang jadi murah," jelasnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help