TribunManado/

Tunjangan Perumahan DPRD Bolmong Naik 50 Persen

Bolaang Mongondow telah mengeluarkan peraturan daerah dan peraturan bupati soal kenaikan tunjangan transportasi

Tunjangan Perumahan DPRD Bolmong Naik 50 Persen
Logo DPRD

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Bolaang Mongondow telah mengeluarkan peraturan daerah dan peraturan bupati soal kenaikan tunjangan transportasi dan tunjangan perumahan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. 

Aturan yang merujuk PP Nomor 18 ini mulai berlaku September 2017 ini. Namun Sekretariat DPRD belum memyebut angka pasti kenaikan tunjangan ini.

Sekretaris Yahya Fasah mengatakan saat ini besaran kenaikan masih sementara menjadi pembicaraan di tingkat eksekutif. Namun Yahya bisa mengestimasi kenaikan tunjangan transportasi dan perumahan tersebut.

Tunjangan perumahan diperkirakan anak naik 50 persen. Sebelumnya, ketua mendapat Rp 11,5 juta, wakil ketua Rp 10,5 juta dan anggota Rp 9,5 juta. Sehingga jika naik 50 persen, akan menyentuh belasan juta rupiah.

Untuk tunjangan transportasi, yang awalnya hanya alat kelengkapan dewan yang dapat, kini sudah dengan anggota dewan. Tunjangan ini ada di kisaran Rp 12 5 hingga Rp 15 juta per anggota.

"Angka ini tetap menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Tak boleh melebihi provinsi," ujar Yahya Fasa, Selasa (12/9).

Ia menegaskan, yang naik bukan gaji, melainkan tunjangan. Gaji anggota dewan sama dengan gaji bupati dan wakil bupati. Beserta tunjangan keluarga dan tunjangan komunikasi intensif.

"Gaji pokok Rp 2,1 juta. Tunjangan keluarga dua jutaan, begitu pula tunjangan komunikasi intensif. Pokoknya total itu Rp 6 jutaan, kalau gaji. Yang naik itu bukan gaji," ucapnya.

DPRD Bolmong mengoleksi 30 anggota, tiga di antaranya pimpinan dan 27 anggota. Saat ini masih 29, karena satu orang sementara proses PAW.  Wakil Ketua Abdul Kadir Mangkat mengatakan kenaikan tunjangan ini sesuai PP 18.

"Jadi bukan seenaknya naik. Jumlahnya pun diawasi tim dari pusat. Setahu saya tunjangan perumahan mungkin turun," ucapnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help