TribunManado/

Pemilik Kendaraan Bermotor di Minahasa Ayo Bayar Pajak Mumpung Masih Ada Tax Amnesty

Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat Tondano mulai berlakukan pengampunan pajak (tax amnesty) kendaraan bermotor.

Pemilik Kendaraan Bermotor di Minahasa Ayo Bayar Pajak Mumpung Masih Ada Tax Amnesty
TAX AMNESTY 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat Tondano mulai berlakukan pengampunan pajak (tax amnesty) kendaraan bermotor.

Pengampunan pajak tersebut maka lain diberlakukan sejak hari ini Selasa (12/9) hingga pada 15 Desember 2017, cukup lama sekitar tiga bulan.

"Tax amnesty pajak kendaraan bermotor diberikan dalam rangka HUT Provinsi ke 53," jelas Florance Tampi kepala UPTD Samsat Tondano, Selasa (12/9).

Ia menjelaskan tax amnesti yang dimaksud adalah keringanan pembayaran pajak kendaraan berupa pengurangan pokok dan denda baik pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama

Ia menjelaskan, kendaraan pajaknya lewat namun masih masuk pada tahun berjalan masih bayar penuh 100 persen pajaknya, namun tanpa denda.

Sementara untuk kendaraan yang sudah lewat tahun 2016 diberikan pengampunan pajak sebanyak 50 persen, untuk tahun 2015 sebanyak 60 persen, kendaraan lewat pajak tahun 2014 pengurangan 70 persen, dan lewat pajak 2013 terkena pengurangan 80 persen.

Tidak hanya itu saja, untuk bea balik nama kendaraan yang dimutasi dari luar daerah Sulawesi Utara selama tiga bulan kedepan dibebaskan dari biaya.

"Namun untuk bea balik nama kendaraan dalam Sulawesi Utara, baik tangan ke dua dikenakan potongan 50 persen," ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat yang memiliki kendaraan sudah lewat pajak beberapa tahun dapat memanfaatkan untuk mendaftarkan kembali kendaraanya, dan aktif membayar pajak.

"Manfaatkan kesempatan ini jangan sampai terlambat, sebab ini waktunya hanya tiga bulan saja sampai tanggal 15 Desember, jangan sampai ketinggalan," jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat bisa segera aktif kembali membayar pajak kendaraan lantaran semuanya untuk kepentingan masyarakat juga.

"Kalau di Tondano pembayarannya langsung di kasir yang sudah siaga di sini," jelasnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help