TribunManado/

Pembangunan Pasar Kayubulan Malalayang Selesai Desember

Pasar Bahu akan segera dipindahkan ke Kayubulan Malalayang. Pemerintah Kota Manado menyediakan anggaran sebesar Rp 9 Milliar untuk pemindahan pasar te

Pembangunan Pasar Kayubulan Malalayang Selesai Desember
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Manado, di bawah Ketua PD Pasar Ferry Keintjem 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Pasar Bahu akan segera dipindahkan ke Kayubulan Malalayang. Pemerintah Kota Manado menyediakan anggaran sebesar Rp 9 Milliar untuk pemindahan pasar tersebut.

"Pasar Bahu kita akan pindahkan ke Kayubulan Malalayang dalam waktu dekat. Anggaran yang disediakan yaitu Rp 9 Milliar," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Peter K.B Assa belum lama ini.

Saat ini kata Peter, Dinas PUPR sedang melaksanakan pembangunan tahap dua. "Tahap satu dikerjakan oleh disperindag tahun lalu. Dinas PUPR yang laksanakan tahap dua. Saat ini sudah satu bulan pekerjaan presentasinya 20 persen," ujar dia.

Kata Peter, pasar yang menggunakan lahan sebesar satu hektar akan selesai pada akhir tahun ini. "Target pekerjaan untuk tahap dua akan selesai Desember 2017," ujarnya.

Selain Pasar Bahu yang dipindahkan ke Kayubulan Malalayang. Dinas PUPR juga sedang melaksanakan revitalisasi Pasar Pinasungkulan Karombasan.

"Kita anggarkan sebesar Rp 14 Milliar untuk revitalisasi. Akan selesai tahun ini. Untuk luasnya tetap," ujar dia.

Kata Peter, revitalisasi dilaksanakan untuk membuat pasar ini lebih bersih.

"Drainase tertata, dan yang pasti pembeli dan penjual lebih nyaman menggunakan pasar. Tanggul sungai di belakang pasar dibangun kita perkokoh," ujar dia.

Dirut PD Pasar Manado Ferry Keintjem mengatakan hal yang sama tahun ini revitalisasi Pasar Karombasan selesai.

Selanjutnya kata dia, pedagang akan ditata sedemikian rupa agar tidak semrawut lagi.

"Pertama tentunya pedagang harus disediakan tempat. Sementara kita bangun. Setelah itu barulah kita atur. Pedagang harus ikut aturan menggunakan tempat yang memang untuk peruntukkan pasar bukan berjualan di badan jalan," ujar dia. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help