TribunManado/

Pendidikan Finansial

Begini Cara Mendidik Anak Tentang Keuangan Yang Baik

Sebagai orang tua anda harus mendidik buah hati Anda terkait keuangan agar mereka dapat memahami dan mengelola keuangan mereka dengan baik kelak.

Begini Cara Mendidik Anak Tentang Keuangan Yang Baik
Net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Literasi dan edukasi keuangan harus dilakukan sejak dini.

Namun, mengajarkan anak mengenai keuangan kadang susah kadang mudah.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus mendidik buah hati Anda terkait keuangan agar mereka dapat memahami dan mengelola keuangan mereka dengan baik kelak. 

Ada beberapa cara mudah nan sederhana untuk melakukannya.

Mengutip Nasdaq, Senin (11/9/2017), berikut ini adalah beberapa kiat mudah yang dapat Anda ikuti.

Kiat ini disampaikan oleh Laura Levine, presiden dan CEO lembaga nirlaba Jump$tart Coalition for Personal Financial Literacy.

1. Diskusikan apa itu uang dan bagaimana membelanjakannya

Mendiskusikan literasi finansial kerap melibatkan topik soal tabungan dan investasi. Namun, bagi anak yang masih kecil, diskusi soal keuangan cukup dimulai dengan apa itu uang dan apa yang bisa dilakukan dengan uang.

"Ketika anak saya berusia 4 tahun, saya memberi dia sedikit uang dan membawa dia ke toko untuk membeli cemilan. Di sana, ia belajar apa yang bisa diperolehnya dari sejumlah uang, barang apa yang murah dan mahal," ujar Levine.

Hal penting lainnya adalah bagaimana pesatnya transaksi online atau dengan kartu. Tentu hal ini agak sulit dimengerti oleh anak, namun orang tua bisa mendiskusikan hal ini dengan anak sejalan dengan bertambahnya usia.

Halaman
123
Editor: Try Sutrisno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help