TribunManado/

Perayaan 150 Tahun Masuknya Kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado Akan Dicanangkan di Kema

Gereja Katolik sudah hadir menjadi peletak dasar kekristenan di Minahasa dan sekitarnya (sekarang Keuskupan Manado) sejak tahun 1563 menurut komsosman

Perayaan 150 Tahun Masuknya Kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado Akan Dicanangkan di Kema
ISTIMEWA
Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Gereja Katolik sudah hadir menjadi peletak dasar kekristenan di Minahasa dan sekitarnya (sekarang Keuskupan Manado) sejak tahun 1563 menurut komsosmanado.com (1538 versi Pastor Piet Tinangon, ahli sejarah Gereja). Itu ditandai dengan pembabtisan oleh Pastor Diogo de Magelhaes (1563), untuk tahun 1538 oleh nakhoda Kapal Portugis Franscisco De Castro.

Misi kekatolikkan dihambat sejak kehadiran VOC dan hilang pengaruhnya tahun 1666 dengan pembangunan Benteng Amsterdam .

Gereja Katolik di Minahasa dan sekitarnya hadir kembali 149 tahun lalu dengan kehadiran Pastor Johanes De Vries dan misionaris lain yang akhirnya diijinkan masuk. Perayaan besar 150 tahun masuknya kembali Gereja Katolik akan dirayakan 14 September 2018, di mana 150 tahun lalu pada tanggal yang sama Pastor De Vries membabtis 24 orang di Kema (seluruh Minahasa 254 orang).

Gereja Katolik Keuskupan Manado kata sekretaris keuskupan, Pastor Johanis Joseph Montolalu melalui surat resmi pencanangan Tahun Yubelium 150, akan mempersiapkan ini dengan baik. Perayaan yang baik dapat memberi kontribusi bagi perkembangan iman Umat Katolik Keuskupan Manado ke depan.

"Dalam kaitan dengan perayaan Yubelium 150 tahun itu, dan persiapan-persiapan perayaan tersebut, maka Uskup Keuskupan Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, akan mencanangkan Yubelium 150 tahun masuknya kembali Gereja Katolik Keuskupan Manado Kamis, 14 September 2017. Kegiatan mulai 07.00 di Gereja Katolik Kema, paroki Santo Paulus Lembean," katanya.

Acaranya kata Pastor dimulai pukul 05.30 dengan jalan sehat umat Katolik dari Gereja Tontalete menuju Gereja Katolik Kema. Lalu dilanjutkan pukul 07.00 Misa pencanangan oleh Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu.

"Demikian informasi dan undangan ini disampaikan untuk menjadi perhatian kita bersama. Diminta supaya para Pastor mengumumkan agenda ini pada hari Minggu, tanggal 10 September 2017, atau pada kesempatan lain yang dianggap baik. Siapa saja yang berkesempatan hadir dan ingin turut memeriahkan acara pencanangan ini, tentu saja disambut dengan sukacita," ujarnya. (dma)

Penulis: David_Manewus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help