TribunManado/

Open House Kediaman Wali Kota Manado, Babi Woku Jadi Pusat Perhatian

MASIH terbungkus daun woka dan sebagian kulit pohon. Babi matang dengan berat 60 kilogram disajikan diatas meja pada open house thanksgiving

Open House Kediaman Wali Kota Manado, Babi Woku Jadi Pusat Perhatian
HANDHIKA DAWANGI
Babi Woku Jadi Pusat Perhatian 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-MASIH terbungkus daun woka dan sebagian kulit pohon. Babi matang dengan berat 60 kilogram disajikan diatas meja pada open house thanksgiving atau pengucapan syukur Manado di kediaman Wali Kota Manado Vicky Lumentut di Puncak Malalayang, Minggu (10/9) sore.

Menu tersebut adalah Babi woku.
Masyarakat, sanak saudara, dan kerabat dekat keluarga Wali Kota Manado Vicky Lumentut tampak mengelilingi menu tersebut tak sabar mencicipinya.

Babi woku kemudian dibuka secara perlahan oleh Julyeta Runtuwene, Istri Wali Kota dibantu beberapa orang.

Daun woka yang sudah mengering dan berminyak kemudian diangkat. Daging babi berwarna kecoklatan langsung terlihat menggoda untuk dimakan. Julyeta yang pertama kali mengambil daging tersebut.

"Ini namanya babi woku. Tidak perlu pakai pisau. Dengan sendok saja sudah bisa. Ini ternyata didalam daging ada sayur (campur ada mihun dan wortel). Yang tidak suka daging bisa makan sayurnya," ujar Rektor Unima ini.

Lanjut Julyeta babi woku ini dibakar didalam tanah dengan dibungkus kulit pohon dan daun woka selama 14 jam. "Pembakarannya selama 14 jam. Wuih. Prosesnya lama," ujar dia.
Dari kerumunan orang, kemudian terdengar suara laki-laki. "Minggir," ujar pria itu. Semua langsung menatap ke arah pria tersebut. Rupanya Wali Kota Manado Vicky Lumentut dengan senyumannya datang ingin mencicipi daging woku. "Ayo dimakan. Jangan hanya dilihat saja. Selamat makan," ujar Vicky.

Selain menu khas Minahasa, pada open house yang digelar di kediaman juga disediakan masakan nasional. Para koki yang beragama muslim tampak disana. Tempatnya dipisah. Ada juga bakso, sate ayam, ikan bakar, aneka masakan ikan air tawar, dan berbagai macam buah-buahan.

Masyarakat, sanak saudara, kerabat dekat wali kota tampak terus berdatangan hingga matahari terbenam. (dik)

Baca: VIRAL! Raisa dan Laudya direbut Asing, Begini Curhatan Jokowi

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help