TribunManado/

Liando: Ambisi Elit PAN Jangan Korbankan Masyarakat

Jika PAN ingin mencari aman, maka sebaiknya tetap pertahankan Tatong sebagai calon kepala daerah.

Liando: Ambisi Elit PAN Jangan Korbankan Masyarakat
ist
Ferry Liando 

Ferry Liando
Dosen Fisip Unsrat

Jika PAN ingin mencari aman, maka sebaiknya tetap pertahankan Tatong sebagai calon kepala daerah. Sebab, jika Tatong yang diusung, PAN tidak kerja keras lagi, mengingat Tatong sudah dikenal publik.

Pada pilkada 2018, PAN tidak perlu lagi menguras energi untuk memperkenalkan dan meyakinkan publik. Kemudian, Tatong kini sedang menjabat. Beliau memiliki power untuk memudahan mempertahankan jabatannya dengan mengendalikan struktur birokrasi mulai dari eselon ll, hingga ke aparat desa.

Para pejabat eselon ll, selain memiliki pengaruh, mereka juga dihormati masyarakat karena mengemban jabatan. Para eselon ll ini juga bisa memanfaatkan kewenangannya menyalurkan anggaran bantuan sosial ke masyarakat. Aparat desa, sebagian besar adalah tokoh adat setempat. Mereka punya pengaruh yang luar biasa. Dibagian lain, meski reputasinya tidak sempurna, namun prestasinya masih diatas rata-rata dengan kepala darah lain di Sulut.

Tatong tidak pernah dikaitkan dengan masalah korupsi, dan mampu menjaga stabilitas pemerintahan. Mengganti dengan pejabat lain, belul tentu akan lebih baik. Ini yang harus dipikirkan elit PAN Sulut. Ambisi elit jangan sampai mengorbankan masyarakat. Memberangus lawan-lawan politik dengan cara menghambat kariernya adalah bentuk kegagalan diplomasi politik.

Faktor Yasti juga bisa berpengaruh. Saat Pilkada Bolaang Mongondow, Tatong all out memenangkan Yasti hingga menjadi Bupati. Jika hal yang sama akan dilakukan Yasti di pemilihan Walikota Kotamobagu, akan menguntungkan Tatong. Sebab, Bolaang Mongondow dan Kotamobagu itu karakternya pemilihnya sama. Yasti pasti juga punya power dan pengaruh di Kotamobagu. Sehingga iya akan mudah mempengaruhi tokoh-tokoh masyarakat untuk mendukung Tatong.

Hanya saja sikap PAN Sulut yang tidak lagi mencalonkam Tatong, tetap perlu dipahami. Barangkali sebagian elit PAN Sulut punya pertimbangan lain. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help