TribunManado/

Calon Perseorangan Pilkada Minahasa 2018 Harus Cari Dukungan Minimum 23.652

Warga Minahasa yang ingin ikut bertarung pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa tahun 2018 melalui jalur perseorangan harus memenuhi syarat

Calon Perseorangan Pilkada Minahasa 2018 Harus Cari Dukungan Minimum 23.652
ALPEN MARTINUS
Pleno oleh lima komisioner KPU Minahasa dan Panwaslu Minahasa 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Warga Minahasa yang ingin ikut bertarung pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa tahun 2018 melalui jalur perseorangan harus memenuhi syarat jumlah minimum dukungan.

Jumlah minimum dukungan yang akan digunakan dalam Pilkada 2018 ditetapkan dalam rapat pleno penetapan jumlah minimum dukungan pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan wakil bupati Minahads 2018, di ruang rapat KPU Minahasa, Minggu (10/9).

Pleno tersebut nampak dihadiri oleh lima komisioner KPU Minahasa dan Panwaslu Minahasa, unsur partai dan sejumlah wartawan.

Pleno yang dipimpin oleh Meidy Tinangon ketua KPU Minahasa tersebut memutuskan bahwa angka minimum dukungan untuk calon perseorangan adalah 23.652.

Angka tersebut didapatkan dari perhitungan 8,5 persen dari angka DPT terakhir Minahasa  yaitu pada Pilgub Sulut berjumlah 278.257.

Bukan itu saja, dukungan kepada calon perseorangan juga tidak boleh hanya satu tempat saja, melainkan harus tersebar di beberapa kecamatan sesuai dengan perhitungan juta.

Perhitungan penyebaran minimal jumlah dukungan adalah 50 persen dari jumlah kecamatan di kabupaten atau kota tersebut. Di Minahasa ada 25 sehingga diputuskan dukungan tersebar merata di 14 kecamatan.

Perhitungan tersebut berdasarkan UU nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan, UU nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan UU nomor 1, dan Peraturan KPU  nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan untuk Pilkada.

"Dukungan tersebut harus dimasukkan pada 25-29 November 2017," jelas Meidy Tinangon Ketua KPU Minahasa.

Pemberi dukungan harus penduduk yang sudah punya hak pilih, kecuali dari TNI, Polri, penyelenggara Pemilu, penyelenggara Pemerintahan, ASN.

Untuk calon perorangan yang hendak mengambil dukungan bisa meminta formulir isian ke KPU Minahasa, atau via website KPU Minahasa.

"Sebab itu juga bagian dari persyaratan yang harus dimasukkan ke KPU Minahasa untuk calon perseorangan, baik hard copy maupun softr copy," jelasnya. (amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help