TribunManado/

Pemkot Raih Penghargaan Terkait Kondisi Keuangan Daerah, DPRD Kotamobagu Langsung Minta ini

"Penghargaan ini juga akan memotivasi pihak pemkot Kotamobagu agar dapat terus meningkatkan kinerja, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah,"

Pemkot Raih Penghargaan Terkait Kondisi Keuangan Daerah, DPRD Kotamobagu Langsung Minta ini
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Tatong Bara 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Prestasi pemerintah Kota Kotamobagu yang jadi peringkat pertama, pemerintah daerah yang memilki indeks kondisi keuangan daerah terbaik untuk regional Sulawesi diapresiasi oleh DPRD Kota Kotamobagu.

Ketua fraksi Partai Golkar, Herdy Korompot mengatakan dengan capaian itu menunjukkan kondisi keuangan di Kota Kotamobagu tak bermasalah.

"Nah, karena sudah dapat prestasi berarti pemkot harus segera realisasikan dan amalkan perintah undang-undang dalam PP nomor 18 tahun 2017 tentang Hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) dan permendgari nomor 62 tahun 2017 tentang aturan kenaikan tunjangan bagi anggota DPRD," kata Herdy Sabtu (9/9/2017).

Dia menjelaskan, prestasi berupa penghargaan yang diterima wali kota Kotamobagu Tatong Bara sangat sinkron dengan kebijakan pemerintah pusat terkait regulasi. Dengan posisi keuangan daerah terbaik se Sulawesi sehingga tak ada alasan untuk terapkan itu karena erat hubungannya dengan keuangan.

"Jika pemerintah tidak mampu melaksanakan apa yang telah diperintahkan pemerintah pusat dalam undang-undang, kami DPRD dan fraksi partai Golkar di DPRD akan pertanyakan penghargaan yang di dapat," tegasnya.

Herdy yakin bahwa pemkot Kotamobagu dibawah pimpinan wali kota Tatong Bara bisa menerapkan PP 18 dan permendgari 62 tahun 2017. 

Ishak Sugeha, anggota DPRD lainnya menilai penghargaan itu membuktikan bahwa sistem pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan pemkot Kotamobagu sudah memenuhi standar kepatuhan dan kepatutan berdasarkan regulasi dan transparansi. 

"Keberhasilan penghargaan itu tentu perlu diimplementasikan secara langsung kepada masyarakat, agar manfaat secara konkritnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat secara utuh dan menyeluruh," kata Ishak.

Sebelumnya, Wali kota Kotamobagu menerima penghargaan dari pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sebagai peringkat pertama, pemerintah daerah yang memilki indeks kondisi keuangan daerah terbaik untuk regional Sulawesi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof Dr Abdul Halim. Hal ini berdasarkan penelitian terhadap indeks kondisi keuangan daerah, termasuk penilaian terhadap kemampuan pemerintah daerah, dalam mengelolah anggaran dengan akuntabel dan transparan, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih nyata kepada seluruh masyarakat.

Tatong mengatakan penghargaan yang diberikan merupakan sebuah karya besar dan bukti nyata dari tanggung jawab serta komitmen dari pihak pemerintah daerah Kota Kotamobagu, dalam mengolah keuangan daerah secara akuntabel dan transparan. 

"Penghargaan ini juga akan memotivasi pihak Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, agar ke depan nanti, dapat terus meningkatkan kinerja, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help