TribunManado/

Memprihatinkan! Dua Bus Air Danau Tondano Terlantar

Dua bus air nampak tak terawat di pinggir Danau Tondano, tepatnya di Kelurahan Tolour, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa.

Memprihatinkan! Dua Bus Air Danau Tondano Terlantar
TRIBUNMANADO/ALDI PONGE
Satu dari dua bus air nampak tak terawat di pinggir Danau Tondano, tepatnya di Kelurahan Tolour, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Dua bus air nampak tak terawat di pinggir Danau Tondano, tepatnya di Kelurahan Tolour, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa

Dua bus air tersebut nampak bagian dalam mulai rusak, warna catnya juga sudah kusam, namun perlengkapan semisal motor, AC, masih terlihat lengkap.

Saat ini, dua bus air tersebut sudah ditarik naik di darat, lantaran sudah beberapa kali tenggelam terisi air, kemudian diangkat lagi.

Dua bus air tersebut bernama Minawanua dan Likri yang diadakan pada 2015 dan 2013. Statusnya saat ini masih milik dari Kementerian Perhubungan.

"Bus air tersebut sengaja kami angkat ke darat supaya tidak tenggelam lagi, jadi kami amankan termasuk mesin dan perlengkapan lain," jelas Ronny Suwarno, Kadishub Minahasa.

Ia menjelaskan, bus air tersebut belum diserahkan ke Pemkab Minahasa sehingga mereka tidak berani menggunakan anggaran Pemkab Minahasa untuk perawatan.

"Kalau sudah diserahkan, kami bisa menganggarkan untuk perawatan dan bisa digunakan untuk Minahasa," jelas dia.

Ia mengatakan, sudah mengirimkan permohonan untuk penyerahan dua bus air tersebut supaya bisa dimanfaatkan oleh Pemkab Minahasa.

Ventje Kamasi, warga setempat, mengatakan bahwa bus air tersebut sempat banyak sekali yang pertanyakan untuk digunakan mengelilingi danau Tondano.

"Banyak pengunjung yang tanya, bisa digunakan atau tidak, ya saya tidak tahu," jelas dia.

Ia berharap agar dua bus air itu bisa dikelola agar tidak rusak percuma seperti itu.

"Sayang kan kalau hanya rusak begitu, lebih baik dipercayakan kepada siapa, untuk dimanfaatkan," jelasnya.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help