TribunManado/

7 Hukum Tua di Minsel Dilaporkan ke Polres Minsel Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Desa

"Jika nanti hasil sidik terbukti melakukan penyimpangan langsung kita tahan. Undang-undang Tipikor akan kami gunakan, dengan ancaman hukuman 10 tahun"

7 Hukum Tua di Minsel Dilaporkan ke Polres Minsel Terkait Dugaan Penyelewengan Dana Desa
TRIBUNMANADO/MAICKEL KARUNDENG
Iptu Duwi Galih 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Laporan terkait dugaan penyalagunaan dana desa (dendas) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terus bertambah.

Tim penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Minsel telah menerima 7 laporan masyarakat terkait penggunaan dana desa. Sebelumnya ada tiga Hukum Tua (Kumtua) yang dipanggil untuk menjalani serangkaian pemeriksaan. 

Kini laporan serupa diterima oleh pihak kepolisian dimana ada empat hukum tua dilaporkan terlibat kasus yang sama.

"Terdapat 7 desa telah masuk laporan ke Polres yakni Ritey, Wawontulap, Radey, Kroit, Raanan Baru Dua, Bungkol, dan Tiniawangko," ucap KBO Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Minsel Iptu Duwi Galih Kamis (07/09/2017).

Dari 7 desa, sudah ada satu desa yang naik statusnya ke tingkat sidik yakni Desa Radey dan 6 Desa tahap penyelidikan. "Polres masih akan memanggil semua saksi-saksi terkait laporan dandes," tutur Galih.

Dalam rangkain pemeriksaan saksi, Tim Penyidik akan mengumpulkan alat-alat bukti pendukung. "Rata-rata laporan yang masuk terkait pembangunan infrastrtur desa yang tak sesuai spesifikasi,"

Galih menjelaskan, masalah Dandes dari Penyidik Tipikor butuh waktu dalam menyelesaikan masalah ini sebab berbeda dengan pidana umum.

"Alat bukti harus dikumpulkan di beberapa tempat serta menunggu hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sehingga butuh waktu," jelasnya.

Ia menambahkan, jika ada laporan terkait masalah dandes, Polres akan tetap menindaklanjuti semua laporan.

Polres terus memantau semua aktivitas para hukum tua dalam penggunaan dandes dan ini sudah sesuai perintah undang-undang. Informasi masyarakat juga sangat berguna untuk kami lakukan penyelidikan.

Untuk sementara belum ada yang kami tetapkan sebagai tersangka, sebab masih menunggu sidik dan hasil audit.

"Mudah-mudahan hasilnya sudah keluar. Jika nanti hasil sidik terbukti melakukan penyimpangan langsung kita tahan. Undang-undang Tipikor akan kami gunakan, dengan ancaman hukuman 10 tahun," tegasnya.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help