TribunManado/

Festival Seni Budaya Bantik, Bakal Masuk Rangkaian Manado Fiesta

"Acara ini akan diagendakan sebagai rangkaian Manado Fiesta setiap tahunnya pada bulan September,"

Festival Seni Budaya Bantik, Bakal Masuk Rangkaian Manado Fiesta
net
Walikota Manado Vicky Lumentut 

Laporan Wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan bahwa festival seni budaya bantik akan masuk dalam rangkaian Manado Fiesta setiap tahunnya.

"Acara ini akan diagendakan sebagai rangkaian Manado Fiesta setiap tahunnya pada bulan September," ujar wali kota, Selasa (5/9/2017) pukul 14.00 wita pada sambutannya di acara festival seni budaya Bantik di Lapangan Bantik Malalayang Manado.

Rencana wali kota tersebut langsung disetujui oleh Ketua Pemangku Adat Anak Suku Bantik Minanga, Reno Bangkang, dan masyarakat adat Bantik yang hadir.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan peringatan ke-68 tahun gugurnya pahlawan nasional Robert Wolter Mongisidi.

Wali kota mengucapkan selamat atas penyelenggaraan pesta seni budaya bantik dan peringatan tersebut.

"Saya bangga karena terus dipelihara pesta seni budaya bantik ini. Harapan kami terus berlanjut setiap tahun dan makin lama makin ditingkatkan. Selaku Wali Kota ingin menyampaikan terima kasih," ujar dia.

Ketua panitia kegiatan ini, Fitriani Mongisidi ponakan dari Wolter Mongisidi mengatakan sebagai masyarakat Bantik memiliki semboyan Hinggilridang, hintakinang, hintalrunang.

"Baku baku bae, baku baku sayang dan baku baku bantu. Dengan kegiatan ini diharapkan akan ada untuk meningkatkan eksistensi masyarakat adat bantik di luar daerah maupun di luar negeri," ujar dia.

Pada kegiatan itu ditampilkan tarian mahamba asli, dan tarian Mahamba yang sudah ada variasi, tarian Mahamba Bantik yang dibawakan penari muslim Tanamon, Tarian Upasa (kabasaran), serta penampilan pencak silat.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help