TribunManado/

DPRD Tomohon Segera Bahas Ranperda Perubahan RPJMD Periode 2016-2021

"Apa yang diharapkan sebagaimana inti maksud dari perubahan RPJMD ini dapat tercapai sesuai yang diharapkan,"

DPRD Tomohon Segera Bahas Ranperda Perubahan RPJMD Periode 2016-2021
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Penyerahan Ranperda tentang perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2016 Tentang RPJMD Kota Tomohon 2016-2021 pada Rabu (6/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Rapat paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka pemandangan umum fraksi terhadap Ranperda tentang perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2016 Tentang RPJMD Kota Tomohon 2016-2021 digelar pada Rabu (6/9/2017).

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Miky Wenur didampingi Wakil Ketua Caroll Senduk, dan Youddy Moningka. Semua fraksi di DPRD Kota Tomohon menerima ranperda tersebut untuk dibahas dalam tahapan selanjutnya.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold V Lolowang, mengatakan, tujuan dari perubahan RPJMD Tahun 2016-2021 ini difokuskan untuk melakukan penajaman tujuan, sasaran, target dan merupakan kebijakan pembangunan yang akan dicapai dalam jangka waktu lima tahun, serta mempunyai fungsi pokok sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dari setiap perangkat daerah dan dijabarkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang kemudian menjadi pedoman penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) pada setiap tahunnya.

"Dengan adanya perubahan RPJMD Kota Tomohon periode 2016-2021 nantinya akan berpengaruh positif dalam pencapaian program unggulan Pemerintah Kota Tomohon melalui program dedicated EMAS untuk mewujudkan Tomohon tangguh," ungkapnya.

Katanya, salah satu contoh konkret dilakukannya perubahan yaitu dalam program Smart City Service, dalam rangkaian program ini telah dilaksanakan penyatuan pelayanan publik yang berada dalam satu atap yakni menjadikan Kantor Wali Kota Tomohon sebagai pusat pelayanan publik," jelas Lolowang.

Lolowang meminta kepada seluruh pejabat dan kepala perangkat daerah di jajaran pemerintah Kota Tomohon untuk bekerjasama dalam penyempurnaan dokumen RPJMD Tahun 2016-2021 berdasarkan fungsi masing-masing serta dalam menjalankan program dan kegiatan agar senantiasa sejalan dengan perencanaan pembangunan strategis lima tahun ke depan.

"Apresiasi yang tinggi untuk peran positif pihak legislatif dalam memberikan pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap ranperda perubahan ini, sehingga selanjutnya dapat dibahas pada tahap selanjutnya," pungkasnya.

Anggota Fraksi Golkar, Piet Pungus terpilih jadi ketua panitia khusus.

Ketua DPRD Tomohon Miky Wenur mengharapkan pansus dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Apa yang diharapkan sebagaimana inti maksud dari perubahan RPJMD ini dapat tercapai sesuai yang diharapkan," kata Wenur.

Wenur mengatakan untuk perubahan RPJMD adalah urgent sebab bila tidak ada perubahan sesuai dengan peraturan yang berlaku maka tidak bisa menyusun APBD 2018. "Sebagai catatan penting untuk pemkot agar dalam pembahasan tidak diwakilkan," tegasnya.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help