TribunManado/

Anggaran Dikurangi Pemerintah Pusat, Disnakertrans Bolmong Batal Beri Bantuan bagi Tukang

Tak adanya dana bantuan bagi tukang tahun ini karena ada pemangkasan anggaran dari pusat. Sehingga berdampak pada daerah.

Anggaran Dikurangi Pemerintah Pusat, Disnakertrans Bolmong Batal Beri Bantuan bagi Tukang
Tribun Manado
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Setiap Tahun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bolaang Mongondow memiliki anggaran bantuan bagi para tukang. Namun tahun ini, Kepala Disnakertrans, Derek Panambunan, mengatakan tak ada anggaran untuk itu.

Panambunan beralasan, tak adanya dana bantuan bagi tukang tahun ini karena ada pemangkasan anggaran dari pusat. Sehingga berdampak pada daerah.

"Jadi bantuan kelompok. Tiap kelompok ada 20 orang. Bantuan ini dalam bentuk satu set alat tukang berupa gergaji, mesin gurinda, sekap listrik. Tahun 2016 lalu, total anggaran ini ada Rp 400an juta," ujarnya Rabu (6/9/2017).

Tahun depan Disnakertrans mengusulkan kembali anggaran untuk itu. Ini agar meningkatkan produktivitas para tukang di Bolmong.

Sejumlah tukang yang ditemui mengaku tak pernah mendapat bantuan tukang dari pemerintah. Seperti pengakuan Masadi, warga Padang. Selama hampir 20 tahun dia menjadi tukang, tak pernah ada dengar bantuan. "Iya belum pernah," ujarnya.

Masadi sendiri bukan sebagai kepala tukang. Dia hanya kenek. Andai saja punya alat, dia bisa saja menjadi tukang. "Kalau ada bantuan yah bagus. Tapi selama ini belum pernah," ucapnya.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help