Ada Responden di Minahasa tak Mau Berikan Data ke BPS

Badan Pusat Statistik (BPS) Tondano saat ini sementara melakukan sensus ekonomi tahap dua yang dimulai sejak awal Agustus.

Ada Responden di Minahasa tak Mau Berikan Data ke BPS
NET
BPS

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Badan Pusat Statistik (BPS) Tondano saat ini sementara melakukan sensus ekonomi tahap dua yang dimulai sejak awal Agustus.

"Kami sudah mulai melakukan sensus dan berakhir pada akhir September ini, hanya dua bulan saja," jelas Leopold Rawung kepala BPS Tondano.

Ia menjelaskan, hal yang didata adalah perusahaan menengah besar dilakukan sensus semuanya, sementara untuk usaha mikro kecil hanya diambil sampelnya saja lantaran keterbatasan anggaran.

Ia mengatakan, tim yang turun ke lapangan mendapatkan beberapa kendala di antaranya ada responden yang tidak mau di data.

"Mungkin mereka takut data bocor padahal tidak seperti itu, sebab data yang diambil akan dirahasiakan karena dilindungi undang-undang," jelasnya.

Selain itu, ada faktor kurang oahamnya responden  terhadap sensus ekonomi tersebut serta manfaatnya."Bahkan ada juga yang sudah ditemui," jelas dia.

Padahal menurutnya, data seperti itu sangat penting untuk menjadi acuan pemerintah pusat memberikan bantuan usaha terhadap pengusaha kecil misalnya.

"Masih banyak lagi manfaatnya, terpenting kan harus ada data supaya misalnya bantuan yang diberikan tepat sasaran, kalau tidak ada data bagaimana? Nah itu yang harus jadi perhatian masyarakat," jelasnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved