Umat Muslim Manado Ziarah ke Kubur, Tak Hanya Berdoa, Ini yang Mereka Lakukan

Warga datang ke kubur tidak semata-mata untuk mendoakan yang telah meninggal dunia dengan membaca Surat Yasin maupun yang lainnya.

Umat Muslim Manado Ziarah ke Kubur, Tak Hanya Berdoa, Ini yang Mereka Lakukan
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Umat Muslim Manado melakukan ziarah ke kubur, pada Jumat (1/9/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Seusai melaksanakan salat Iduladha 1438 Hijriah sebagian umat muslim di Manado mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk berziarah, mendoakan sanak saudaranya yang telah meninggal dunia.

Seperti yang terlihat di TPU Banjer Kecamatan Tikala. Bersama keluarga berkumpul di makam-makam untuk membacakan ayat Alquran yang pahalanya ditunjukan kepada arwah sanak saudaranya meninggal dunia.

"Saya mendoakan almarhumah ibu saya, biar mereka bisa beristirahat dengan tenang di sisiNya," ujar Mutiah Mohammad satu di antara peziarah, Jumat (1/9/2017).

Dewi mengungkapkan kegiatan ziarah ke makam rutin dilakukannya, untuk mendoakan arwah almarhumah ibunya. "Setiap bulan juga saya datang untuk berziarah," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Fitri warga lainnya pada saat datang ke makam keluarganya, tidak semata-mata untuk mendoakan yang telah meninggal dunia dengan membaca Surat Yasin maupun yang lainnya, tapi juga untuk membersihkan makam dari rumput-rumput liar.

"Sebab untuk mendoakan keluarga yang meninggal dunia tidak musti harus ke makam, sehabis salat juga bisa melakukannya," tuturnya.

Biasa saat datang bersama keluarga membawa bunga dan air untuk kemudian didoakan. Setelah itu bunganya ditaburkan di sekitar makam, begitu pula airnya disiramkan pada makamnya

Selain itu, dengan berziarah kubur menurutnya semakin mengingatkan kepadanya, kehidupan di dunia saat ini hanya sementara. Kekekalan berada di akhirat nanti.

"Untuk itu Allah SWT selalu menganjurkan agar umat muslim melakukan ziarah kubur, untuk mengingatkan agar kehidupan di dunia hanya sesaat saja. Dengan demikian kita diharapkan semakin mempertebal iman dengan beribadah," ungkapnya.

Ziarah ke makam juga dimanfaatkan oleh umat muslim di Manado untuk bersilaturahmi satu dengan yang lainnya. Seusai berdoa, mereka biasanya asyik bersalam-salaman kemudian bercakap-cakap menanyakan kabar satu dengan lainnya.

Setiap ada makam yang baru, biasanya mereka juga memperbincangkan siapa yang telah meninggal dunia, kemudian saling mencari tahu kenapa ia meninggal dunia, kemudian berlanjut membicarakan kebaikan orang yang telah meninggal dunia tersebut. 

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help