Jadi Khatib Salat Iduladha di Lapangan Sparta Tikala, Ini Pesan Herson Mayulu

Umat muslim di Manado hadiri salat Iduladha 1438 Hijriah, di Lapangan Sparta Tikala pada Jumat (1/9/2017).

Jadi Khatib Salat Iduladha di Lapangan Sparta Tikala, Ini Pesan Herson Mayulu
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Umat muslim di Manado hadiri salat Iduladha 1438 Hijriah, di Lapangan Sparta Tikala pada Jumat (1/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Umat muslim di Manado hadiri salat Iduladha 1438 Hijriah, di Lapangan Sparta Tikala pada Jumat (1/9/2017).

Warga yang datang berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Mereka dengan tertib menggelar koran bekas atau sajadah sebagai tempat untuk bersujud kepada Allah SWT.

Saf laki-laki yang berada di depan dan saf perempuan di belakang terlihat rapi dan rapat. Hal ini merupakan satu di antara syarat untuk kesempurnaan salat.

Suparman Sulila yang menjadi imam pun memimpin salat Iduladha dengan khusyuk diikuti jamaah lainnya. Cuaca yang mendung semakin menambah berserah umat muslim yang merayakan Idul Adha.

Dalam Khotbahnya Herson Mayulu mengungkapkan Hari Raya Iduladha harus disambut dengan suka cita. Sebab dalam hari raya tersebut umat muslim yang mampu melakukan penyembelihan hewan kurban, baik kambing maupun sapi. Untuk kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada mereka yang berhak.

"Hal tersebut merupakan perintah Allah SWT agar umat muslim saling berbagi," ungkapnya.

Berkurban yang dilakukan umat muslim mampu, sebelumnya merupakan peristiwa keimanan dari Nabi Ibrahim AS, yang ketika itu diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS. Perintah tersebut diberikan kepada Allah SWT melalui mimpinya.

Tapi karena kecintaanya yang cukup besar kepada Allah SWT perintah tersebut dilaksanakannya. Saat itulah Allah SWT mengantinya dengan seekor domba.

Untuk itulah dalam hari raya kurban nilai-nilai yang terkandung didalamnya harus terus diamalkan oleh seluruh umat musilm tidak hanya di Manado melainkan juga di seluruh dunia.

Dalam salat Id tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kadouw, Sekrpov Sulut Edwin Silangen dan pejabat lainnya.

Setelah salat Idul Adha diserahkan 31 sapi oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw kepada Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Sulut yang didistribusikan keseluruh kabupaten dan kota. "Sapi tersebut terditlri dari 30 ekor dari Pemprov Sulut dan 1 dari Presiden RI," kata Kandouw.

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved