TribunManado/

Perbankan Sulut Salurkan Kredit ke Nelayan

Perbankan di Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan kredit ke sektor perikanan, termasuk di dalamnya nelayan.

Perbankan Sulut Salurkan Kredit ke Nelayan
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Nelayan Sulut 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Perbankan di Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan kredit ke sektor perikanan, termasuk di dalamnya nelayan. Karena sektor tersebut masuk ke dalam kredit produktif.

"Setiap perbankan di Sulut termasuk Bank Pembangunan Daerah menyalurkan kredit ke sektor perikanan," ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut), Elyanus Pongsoda, Kamis (31/8/2017).

Pongsoda menambahkan karena hal tersebut satu di antara kredit produktif.
Pihaknya juga ada program untuk nelayan, yaitu Jangkau, Sinergi, dan Guideline (Jaring).

Program tersebut bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan tradisional, sebab selama ini kesejahteraan nelayan tradisional masih dibawah rata-rata sehingga harus ditingkatkan. "Namun untuk di Sulut hal tersebut belum ada program tersebut," ungkapnya.

Terpisah, Dirut Bank SulutGo,Jeffry Dendeng mengungkapkan pihaknya menyalurkan kredit kepada nelayan yang berpotensi untuk dikembangkan. "Karena kredit tersebut merupakan bagian dari sektor produktif," katanya.

Sedangkan untuk nilainya sampai dengan saat ini Rp4,5 miliar. Pihaknya akan terus meningkatkan kredit produktif termasuk ke nelayan, namun dengan tetap dengan prinsip pruden. Sebab janhan sampai hal tersebut meningkatkan Loan Deposit Ratio (NPL). (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help