TribunManado/

Citizen Journalism

(Citizen Journalism) Cari Saudara Hingga Ujung Kaki Sulawesi

Juli hingga Agustus 2016 saya melakukan single touring atau melakukan perjalanan dengan sepeda motor sendirian dari Bitung ke Makassar.

(Citizen Journalism) Cari Saudara Hingga Ujung Kaki Sulawesi
ISTIMEWA
Zulfikar Arsyad 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Silaturahmi itu menurut saya, poin terbesarnya mencari saudara, menjalin, dan mempererat tali persaudaraan.

Saudara itu tidak hanya dalam lingkup keluarga, tetangga, maupun satu kota yang saat ini saya tinggali yaitu Kota Bitung. Tetapi menurut saya saudara itu juga ada di berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, tepatnya Juli hingga Agustus 2016 saya melakukan single touring atau melakukan perjalanan dengan sepeda motor sendirian dari Bitung ke ujung kaki Sulawesi yaitu Makassar.

Tidak ada rasa takut, ataupun bimbang saat akan memulai perjalanan. Semua persiapan mulai service motor hingga minta izin orangtua telah dilakukan. Yang terbayang di benak saya hanyalah tiba di tujuan dengan selamat.

Sejauh 2.000 kilometer, saya lalui dengan perjalanan darat. Semua daerah bisa terlewati dengan tidak kurang satu apapun. Ada lima provinsi telah dilalui.

Ada satu daerah yang saat itu sedang berkonflik dengan teroris atau tepatnya kelompok Santoso.

Saya waktu itu tidak mengetahui jelasnya dimana. Saya terus saja menarik gas sepeda motor hingga ke Kota Poso. Pagi harinya saya menonton televisi ternyata ada saling tembak antara kelompok Santoso dan aparat keamanan.

Setelah tahu akan hal itu, saya terkejut dan syok. Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena selama perjalanan tidak bertemu dengan teroris.

Hal itu tidak menyurutkan semangat dan tekad saya untuk melanjutkan perjalanan mencari saudara di ujung kaki Sulawesi. Mengingat jarak dari Poso ke Makassar masih jauh jaraknya masih ada 600 kilometer.

Rasa senang, bangga begitu luar biasa saya rasakan. Tidak terbayangkan saya bisa tiba di tempat yang jauh ini dengan sepeda motor matik.

Untuk itu janganlah takut untuk mencari saudara hingga ke ujung kaki Sulawesi. Keep Brotherhood and safety riding. Tetap jaga persaudaraan dan keselamatan berkendara.

Marilah kita mencari saudara tanpa batas, karena bersaudara tidak pandang bulu. 

Penulis : Zulfikar Arsyad, Ketua Umum Yamaha Bikers Club Indonesia (YBCI) Kota Bitung, Sulut

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help