TribunManado/

Pipa Air PDAM Minahasa Sudah Tua dan Karatan

Jaringan air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minahasa sudah usang. Pipa air yang dibangun sejak 1979.

Pipa Air PDAM Minahasa Sudah Tua dan Karatan
tribun manado
Pipa air yang disiapkan PDAM Minahasa, Minggu (27/8/2017). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Jaringan air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minahasa sudah usang. Pipa air yang dibangun sejak 1979 telah tua dan karatan. Akibatnya banyak air yang terbuang percuma.

Diperkirakan ada 60 persen jaringan yang menggunakan pipa lama. Seperti yang melewati jalur di Kelurahan Watulambot, Wewelen, Wawalintoan, Kiniar, Taler, Ranowangko, dan Liningaan.

Pipa lama yang digunakan sejak tahun 1979 pertama kali PDAM Minahasa didirikan. Pihak PDAM Minahasa akan diganti, namun perlahan menyesuaikan dengan anggaran.

"Pipa tersebut masih kuat karena dilapisi dengan ter buatan Prancis, masih kuat namun lubangnya yang sudah mengecil lantaran endapan air, sebab ini kan besi," ujar Kabag Umum PDAM Minahasa, Denny Tangkere.

Pipa yang sudah banyak rusak dan hancur itu adalah pipa yang terbuat dari bahan asbes, juga dipasang sejak tahun 1979 hingga 1980 setelah pemasangan pipa besi tersebut, pemasangannya di daerah sekitar Watulambot.

"Sudah banyak juga yang bocor, tapi sekarang kita ganti tapi bukan ganti pipanya, hanya menyusun saja, sebab tidak mungkin lagi membongkar pipa yang lama, jadi di bagian atas kita susun pipa baru," ujar dia.

Pipa lama masih ada yang digunakan untuk pelanggan yang sudah lama, sementara pelanggan baru ada yang sudah menggunakan pipa baru.

"Ada juga pipa yang sudah kita ganti total lantaran sudah tidak bisa digunakan lagi atau sudah keropos, sebab biasa bocor kami perbaiki, besoknya ada bocor lagi di tempat lain," jelasnya.

Menurutnya, untuk memindahkan pelanggan lama ke pipa baru membutuhkan waktu lama dan biaya yang sangat besar, minimal Rp 200 ribu per sambungan. "Sambungan lama juga masih bagus cuma kan penyempitan, pastinya kalau ada pipa baru pasti kita akan lakukan penggantian," ujar dia. *

story highlights
* Pipa air yang dibangun sejak 1979 telah tua dan karatan
* Diperkirakan 60 persen jaringan pipa lama
* Biaya pasang baru Rp 200 ribu per sambungan

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help