TribunManado/

Deswerd Zougira: Supaya Tuntas Lapor ke KPK

DILAPORKANNYA oknum PPTK inisial VJ karena diduga menerima gratifikasi dari seorang kontraktor, ditanggapi serius oleh praktisi hukum, Deswerd Zougira

Deswerd Zougira: Supaya Tuntas Lapor ke KPK
KOMPAS.com/ICHA RASTIKA
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO-DILAPORKANNYA oknum PPTK inisial VJ karena diduga menerima gratifikasi dari seorang kontraktor, ditanggapi serius oleh praktisi hukum, Deswerd Zougira SH, Sabtu (26/8).

Deswerd berpendapat jika seorang PPTK menerima uang, maka dia harus dilaporkan ke KPK."Nanti KPK yang akan tentukan apakah itu gratifikasi atau bukan. Jika gratifikasi maka harus dikembalikan," kata dia.

Jika uang tersebut tidak dikembalikan, maka sang oknum PPTK bisa diproses hukum."Apalagi dia seorang ASN, bisa langsung diproses," tegasnya.

Deswerd tak hanya mengkritisi terkait gratifikasi yang diterima oleh oknum pejabat di RSJ Ratumbuysang, melainkan dia juga menyorot dugaan penyimpangan di rumah sakit ini.

"Kalau terkena masalah penipuan dan gratifikasi itu sudah sering terjadi di pemerintahan. Apalagi kalau di situ banyak proyek besar, '' ujarnya.

Baginya, tiga kasus ini, yaitu, penipuan, gratifikasi dan dugaan penyimpangan Rp 18 miliar di RSJ Ratumbuysang harus diusut tuntas oleh penegak hukum.

Deswerd juga mengatakan, khusus dugaan penyimpangan RSJ Ratumbuysang, jika kasusnya masuk ke tahap penyelidikan sejak awal 2016, maka ini penanganannya tergolong lambat.

"Kalau saat ini baru sampai tahapan penyelidikan, maka itu sangat lama. Harusnya kasus ini sudah masuk tahapan dakwaan," tandasnya.(nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help