Liputan Khusus RSJ Ratumbuysang

Pembangunan Gedung Senilai Rp 18 Miliar Mangkrak, Ini Kata Dirut RSJ Ratumbuysang

"Sudah ada presentasi dari tim walau rekomendasi resmi belum ada. Gedung itu boleh dilanjutkan pembangunannya,"

Pembangunan Gedung Senilai Rp 18 Miliar Mangkrak, Ini Kata Dirut RSJ Ratumbuysang
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Bangunan RSJ Prof Dr VL Ratumbuysang di Sario Manado yang tak selesai. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Aneh memang, pembangunan gedung RSJ Prof Dr VL Ratumbuysang masih bermasalah, namun Direktur Utama (Dirut) RSJ Ratumbuysang Dr Ingrith Giroth mengatakan, pemerintah berencana melanjutkan pembangunan RS Ratumbuysang.

Sudah setahun ini gedung 5 lantai itu terlantar tanpa kejelasan.

Hanya memang sebelum melanjutkan pembangunan, Dr Giroth mengatakan, pemerintah harus meminta tim teknis independen dari Fakultas Teknik Unsrat untuk melakukan penelitian apakah pembangunan gedung ini layak dilanjutkan.

"Sudah ada presentasi dari tim walau rekomendasi resmi belum ada. Gedung itu boleh dilanjutkan pembangunannya," ujarnya.

Dia memastikan pemerintah akan bergerak setelah hasil resmi keluar, karena perencanaan pembangunan membutuhkan kesiapan dana.

Giroth mengatakan, dia belum mengetahui  detail, kasus yang membelit pembangunan rumah sakit itu hingga diselidiki oleh Kejaksaan Tinggi Sulut.

Setahunya pembangunan itu dilakukan bertahap. Ada tahap‑tahap.Dana yang cair 100 persen sebelum bangunan selesai itu satu di antara tahapnya. Kemudian dilanjutkan tahap berikut.

Sejak bermasalah, 2016 belum dilanjutkan pembangunannya hingga sekarang.Sebagai instansi yang menangani bidang Kesehatan, Dr Giroth mengakui, harus banyak berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Dokter mana tahu teknik bangunan," ujarnya.

Diketahui, anggaran proyek pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr VL Ratumbuysang, Manado ini berbanderol Rp.18.231.500.000 ini dimulai pada 19 Agustus 2015 dan ditargetkan selesai dalam 135 hari atau 31 Desember 2015. (nie/ryo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved