Warga Kolombia Ikut Teriakkan Kata Merdeka

DUA puluh penyelam peserta upacara bawah laut sudah berbaris di kedalaman tujuh meter laut Sindulang Dua Kecamatan Tuminting.

Warga Kolombia Ikut Teriakkan Kata Merdeka
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Alejandra, Penyelam cantik asal Kolombia gembira usai kibarkan Sang Saka Merah Putih di bawah Teluk Manado, Kamis (17/7/2017) 

Laporan wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANDAO -  DUA puluh penyelam peserta upacara bawah laut sudah berbaris di kedalaman tujuh meter laut Sindulang Dua Kecamatan Tuminting, Kamis (17/8) pukul 11.00 wita.

Sementara itu bendera merah putih baru saja dipindahkan dari seorang mahasiswa Universitas Sam Ratulangi di tepi pantai kepada seorang penyelam. Dengan kapal milik Dinas Kelautan dan Provinsi Sulut, bendera dibawa ke lokasi upacara yang jaraknya 500 meter dari pantai.

Di bawah laut, tiga orang penggerek mengikat bendera ke tali pada tiang. Setelah itu bendera dibentangkan. Kode ketukan enam kali di tiang sebagai tanda bendera siap.

"Itu adalah kode kepada petugas di atas kapal bahwa bendera siap. Dari situ petugas di kapal menghubungi yang ada di tepi pantai bahwa bendera siap," ujar Stenly Telew Koordinator Tim Selam Ikatan Sarjana Ilmu Kelautan (ISKU) Unsrat dan Pecinta Alam Ilmu Kelautan (PALAMIK) Unsrat.

Semua warga, mahasiswa, siswa, jajaran pemprov tampak sangat menunggu bendera hingga berkibar. Beberapa saat kemudian bendera muncul dari bawah air. Masih terus naik hingga ke ujung tiang. Tepuk tangan terdengar ditepi pantai.

Dua puluh peserta termasuk tim panitia keluar dari bawah air dan langsung memberi penghormatan kepada bendera merah putih yang berhasil dikibarkan. Setelah itu dengan semangat para peserta meneriakkan kata merdeka.

Alejandra (24) peserta dari Kolombia ikut meneriakkan kata merdeka. Kepada wartawan bule cantik tersebut mengaku sangat bangga bisa ikut ambil bagian dalam prosesi tersebut.

Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dalam tim ini," ungkapnya

Menurut Alejandra, ia sudah berada di Manado sekitar enam bulan, dan merasa bangga bisa ikut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di bawah air.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved