TribunManado/

Tingkatan Produksi Ternak Sapi, Bupati Depri Ajak Masyarakat Lakukan Hal ini

Bupati Bolmut Depri Pontoh mencanangkan sinkronisasi birahi upaya khusus (Upsus) sapi indukan wajib bunting di Desa Gihang.

Tingkatan Produksi Ternak Sapi, Bupati Depri Ajak Masyarakat Lakukan Hal ini
ISTIMEWA
Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Depri Pontoh mencanangkan sinkronisasi birahi upaya khusus (Upsus) sapi indukan wajib bunting (Siwab) di Desa Gihang, Kecamatan Kaidipang, Sabtu (12/8/2017. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Depri Pontoh mencanangkan sinkronisasi birahi upaya khusus (Upsus) sapi indukan wajib bunting (Siwab) di Desa Gihang, Kecamatan Kaidipang, Sabtu (12/8/2017.

Pencanangan tersebut merupakan langkah penguatan Upsus Siwab 2017. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan percepatan populasi ternak sapi melalui peningkatan kebuntingan dan kelahiran ternak sapi betina yang produktif dan terus menghasilkan anak sapi dengan kualitas lebih baik dari sebelumnya.

"Bidang peternakan merupakan pilar pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan peningkatan konsumsi pada produk-produk hasil peternakan, tentunya akan menggerakkan perekonomian di daerah," kata Bupati.

Ketidakmampuan secara optimal menyediakan produk hasil peternakan merupakan masalah utama di bidang peternakan saat ini, khususnya daging sapi untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat akan protein hewani.

Untuk mengakselerasikan pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri, Kementerian Pertanian RI meluncurkan program Upsus Siwab sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi yang ditargetkan pada  2026.

"Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai salah satu daerah penyuplai produksi daging sapi di Sulawesi Utara, memiliki populasi sapi kurang lebih 16.042 ekor pada akhir Tahun 2016. Melalui program Upsus Siwab ini dialokasikan target sebanyak 3.250 akseptor dengan harapan kebuntingan hasil Inseminasi Buatan (IB) 70 persen (1.920 ekor sapi)," jelas Bupati.

Bupati berharap, semua pihak terkait dapat bekerjasama dalam mendukung dan menyukseskan program Upsus Siwab untuk mencapai target tersebut.

"Usaha ini tentu saja dapat meningkatkan produktifitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat peternak serta meningkatkan budidaya ternak, yang pada akhirnya percepatan populasi ternak sapi di Bolaang Mongondow Utara dapat berjalan dengan baik," tuturnya.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat khususnya para peternak untuk berpartisipasi aktif dalam program Upsus dimaksud.

"Mari kita kembalikan kejayaan di masa lalu, dimana Bolaang Mongondow Utara merupakan daerah pemasok produksi hasil peternakan di Sulawesi Utara," tegasnya.

Khristanto Nani, Kepala Bagian Humas Setdakab Kabupaten Bolmut menambahkan, sinkronisasi birahi dalam rangka menyukseskan Program Upsus Siwab tersebut, diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya pelayanan kesehatan hewan, inseminasi buatan (IB), pemeriksaan kebuntingan (PKB), dan pencegahan pemotongan sapi produktif.

"Para peternak juga akan mendapatkan pembagian secara gratis hormon perangsang birahi (pemacu kelahiran ternak), vitamin penambah energi, vitamin penambah nafsu makan, obat sanitasi kandang dan berbagai jenis obat antibiotik," tukasnya.

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help