TribunManado/

Pemkab Bolmong Alami Defisit Anggaran Rp 138 Miliar, Yasti Ungkap Hal ini

"Maret 2017, proyek sudah selesai. Luar biasa memang," ujarnya di hadapan sangadi dan camat se-Bolmong beberapa waktu lalu.

Pemkab Bolmong Alami Defisit Anggaran Rp 138 Miliar, Yasti Ungkap Hal ini
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Yasti S Mokoagow dan Yanny R Tuuk saat dilantik jadi Bupati dan Wakil Bupati Bolmong di Graha Gubernuran Sulut, Senin (22/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Pemerintah Kabupaten  Bolaang Mongondow (Bolmong) mengalami defisit anggaran hingga Rp 138 miliar.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan dengan kondisi ini, ia dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk terancam belum bisa memenuhi janji kampanyenya pada 2017 ini.

Namun kondisi keuangan ini sudah terjadi sebelum keduanya resmi menjabat pada Mei 2017 lalu. Yasti menyebut kondisi ini terjadi karena kesalahan dalam perencanaan APBD 2017.

Saat Yasti dan Yanny menjabat, semua proyek di Dinas Pekerjaan Umum sudah dibagikan. Jika Pemkab Bolmong tetap membayar proyek itu tahun ini, gaji Aparatur Sipil Negara terancam takkan terbayarkan.

"Maret 2017, proyek sudah selesai. Luar biasa memang," ujarnya di hadapan sangadi dan camat se-Bolmong beberapa waktu lalu.

Sehingga pemkab mengambil kebijakan, silakan proyek jalan, namun pembayarannya baru akan dilakukan pada tahun 2018 nanti. Saat ini pun pemkab butuh Rp 68 miliar untuk gaji PNS selama 2017 ini.

Hasil optimalisasi waktu lalu, pemkab baru berhasil mengefisiensi anggaran hingga Rp 20 miliar. Masih ada Rp 48 miliar untuk gaji ASN. 

"Kebijakan kami, silakan jalankan proyek, tapi pembayaran pending sampai 2018. Mana yang lebih penting, proyek atau gaji ASN," ucapnya.

Yasti-Yanny telah memangkas anggaran yang belum prioritas. Kegiatan yang tak langsung menyentuh masyarakat ditunda dulu, begitu pula dengan surat perintah perjalanan dinas.

Halaman
12
Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help