TribunManado/

Pemkab Bolsel dan TNI Kerja Sama Cetak Sawah Baru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) kembali bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) AD mencetak sawah baru s

Pemkab Bolsel dan TNI Kerja Sama Cetak Sawah Baru
FELIX TENDEKEN
kegiatan pencetakan sawah di Bolsel 

 Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Setelah sukses mencetak sawah baru seluas 100 Hektar (Ha) tahun 2016, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) kembali bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) AD mencetak sawah baru seluas 300 Ha, Sabtu (11/8).

Seperti yang diketahui, program untuk merakyat tahun 2017 ini sudah mulai jalan pada bulan Juli lalu. Kemudian dipusatkan di Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim) dan tersebar di empat desa.

"Yang dapat jatah Desa Dumagin A seluas 64 Ha, Desa Posilagon seluas 45 Ha, Desa Onggunoi seluas 90 Ha, dan yang terakhir Desa Dayou seluas 101 Ha," Jelas Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Sugeng Purwono.

Menurut dia kegiatan cetak sawah seluas 300 Ha ini seharusnya sudah dimulai pada bulan Mei lalu. Namun pemerintah pusat meminta penguluran waktu karena masih meninjau hasil cetak sawah yang dilakukan tahun 2016 silam.

"Ia sempat molor dua bulan, kemudian cetak sawah dilakukan pekan ke dua bulan Juli," kata Sugeng.

Seugeng menjelaskan kegiatan menanam serentak akan dilakukan secepatnya. Pihaknya tidak akan menunggu sampai proses cetak sawah selesai 100 persen.

Menurut dia jika hasil cetak sawah sudah seluas 25 Ha maka pihaknya akan segera membuat berita acara serah terima bersama para kelompok tani. Kemudian langsung dilakukan kegiatan menanam.

"Untuk posisi terakhir sudah sebelas hektar yang dicetak, baik di Desa Dumagin A maupun B," jelas Sugeng.

“Saat ini sudah ada sebelas hektar yang dicetak di Desa Dumagin A dan B,” kata Sugeng.

Setelah itu kata dia akan berpidah pada proses penyerahan bibit tanaman padi dan pupuk kepada kelompok tani. Semua sesuai dengan target DPPKP bulan Oktober cetak sawah selesai.

Sebab kata di bulan Oktober, November, Desember 2017 dan Januari, Februari, sampai Maret 2018 adalah musim tanam.

"Kami targetkan Maret 2018 kegiatan penanaman sudah selesai," kata Sugeng. (lix)

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help