TribunManado/

Piutang BPJS Ketenagakerjaan Sulut Capai Rp 55 Miliar

Piutang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Sulawesi Utara (Sulut) mencapai Rp55 miliar.

Piutang BPJS Ketenagakerjaan Sulut Capai Rp 55 Miliar
NET
Ilustrasi 

 Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Piutang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Sulawesi Utara (Sulut) mencapai Rp55 miliar.

Jumlah tersebut kedepannya semakin kecil jika perusahaan yang menunggak membayar kewajibannya.

"Untuk jumlahnya sampai dengan saat ini jika dinominalkan Rp55 miliar," ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi Maluku Sudirman Simamora di Manado, Jumat (11/8/2017).

Sedangkan untuk jumlah yang tidak patuh secara rutin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan ada sekitar 3.000 perusahaan.

Untuk itu pihaknya melakukan kerjasama dengan Kejati Sulut, Kejari Manado, Minahasa, Kotamobagu dan Bitung untuk menangani masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara. "Kerjasama ini juga untuk menyadarkan pengusaha Sulut pentingnya jaminan sosial bagi pekerja," ungkapnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut, Mangihut Sinaga mengatakan akan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya badan usaha dan tenaga kerja, sehingga dapat berperan aktif dalam program jaminan sosial.

Nantinya pihaknya akan memanggil pengusaha yang kurang patuh untuk melakukan pembinaan sehingga nantinya mereka memahami jaminan sosial.
Jika panggilan dan musyawarah berulang kali tidak mendapat perhatian, akan dilimpahkan ke pengadilan dan dipidanakan, karena yang menjadi tunggakan tersebut, merupakan kerugian bagi negara.

 Sedangkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulut, Asri Basir mengungkapkan kerjasama dengan Kejati dan Kejari di empat kabupaten/kota ini diharapkan mampu meminimalisir piutang dan meningkatkan kepesertaan. Sehingga potensi yang ada bisa di maksimalkan.

Untuk kerjasama tersebut telah dilakukan MoU pada Kamis (10/8), antara BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi  Maluku dan Kejati dan Kejari di empat kabupaten/kota di Sulut.

Penulis: Herviansyah
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help