TribunManado/

Dikpora Bolsel Latih Tenaga Dapodik

Kegiatan evaluasi mutu pendidikan yang digelar, bertujuan sebagai bekal bagi para kepala sekolah dalam penyajian data.

Dikpora Bolsel Latih Tenaga Dapodik
NET
Ilustrasi 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Boksel) menggelar pelatihan bagi tenaga operator data pokok pendidikan (dapodik) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Jumat (11/8).

Kegiatan yang berlangsung di kawasan perkantoran Panango dibuka langsung oleh Kepala Dikpora Ramli Abdul Majid, kemudian diikuti oleh puluhan operator dapodik.

"Jadi mereka dilatih untuk menggunakan aplikasi dapodik versi 2017," kata Majid.

Majid mengatakan, kegiatan evaluasi mutu pendidikan yang digelar, bertujuan sebagai bekal bagi para kepala sekolah dalam penyajian data.

"Sehingga data yabg diimput sesuai fakta di sekolah masing - masing," kata Majid.

Kadis mengingatkan kepada guru yang berperan sebagai operator dapodik harus bisa membagi waktu dalam bekerja. Meski begitu tugas utama sebagai pengajar tidak boleh terganggu.

"Jangan abaikan tugas pokok sebagai pendidik, aturlah waktu sebaik mungkin agar kedua kegiatan ini berjalan beriringan," kata Majid.

Menanggapi informasi tersebut, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Idwan Ladjolay, mengatakan para operator sudah diberikan paduan pengelolaan aplikasi terbaru.

"Termasuk tata cara dalam menginput data guru, sekolah dan siswa," kata Idwan. 

Menurut dia, pengimputan data  harus teliti dan sesuai dengan fakta di lapangan. Karena data dari sistem pendataan Dapodik digunakan  program utama Kementerian. Sehingga katanya, perlu dilakukan pelatihan bagi seluruh operator dapodik. 

"Dapodik digunakan program utama Kementerian seperti BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, bantuan RKB dan program lainnya," tukasnya. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help