TribunManado/

Disperindag Sulut Bentuk Tim Pengembangan Ekspor

"Makanya dengan adanya tim ini bisa mempertemukan antara pelaku IKM dan pembeli di luar negeri."

Disperindag Sulut Bentuk Tim Pengembangan Ekspor
net
Pelabuhan kontainer Bitung 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) qkan membentuk tim pengembangan ekspor.

Hal ini dilakukan untuk melakukan membantu Industri Kecil Menengah (IKM) yang ingin memasarkan produknya keluar negeri.

"Kami bentuk tim pengembangan ekspor, untuk membantu IKM dalam memasarkan produknya," ujar Kabid Perdagangan Dalam Negeri (Disperindag) Sulut, Darwin Muksin seusai Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi
Peran Daerah di Bidang Perdagangan Luar Negeri, Kamis (10/8/2017).

Selama ini IKM yang ingin meningkatkan pemasaran produknya keluar negeri merasa kesulitan untuk mencari siapa pembeli dan bagaimana akses untuk bisa masuk ke pasar luar negeri.

"Makanya dengan adanya tim ini bisa mempertemukan antara pelaku IKM dan pembeli di luar negeri," tuturnya.

Dengan demikian IKM akan semakin besar usahanya karena bisa memasarkan produknya hingga keluar negeri.

Selain itu, nilai ekspor Sulut kedepannya akan terus meningkat, sehingga target bisa tercapai. "Pasar luar negeri sangat potensial untuk dikembangkan," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Moh Edi Mahmud mengungkapkan nilai ekspor Sulawesi Utara pada Juni 2017 sebesar 66,31 juta dolar AS. Jumlah tersebut menurun 25,27 persen dibanding Mei 2017 yang sebesar 88,73 juta dolar AS.

"Jika Dibandingkan Juni 2016 yang bernilai 79,45 juta dolar AS nilai ekspor Sulut mengalami penurunan sebesar 16,54 persen," katanya.

Berbagai komoditi yang diekspor tidak hanya melalui Sulut saja, namun ada juga diekspor ke pasar luar negeri melalui pintu ekspor di provinsi lain seperti DKI Jakarta, Jawa Timur dan lain-lain. Selama tahun 2017 sampai Juni (angka sementara) nilai total ekspor Sulawesi Utara sebesar 494,72 juta dolar AS.(erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help