TribunManado/

Tim Kemendes Kunjungi Kabupaten Bolsel

Tim Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengujungi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)

Tim Kemendes Kunjungi Kabupaten Bolsel
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Wabup Bolsel Iskandar Kamaru 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Tim Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengujungi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa (8/8). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melaksanakan sosialisasi terkait instruksi meteri tentang penggunaan dana desa.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Staf Ahli Kemendes PDTT Prof Dr Wiloko dan disambut oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Deky Paputugan.

Bersama Kemendes, DPMD langsung melakukan peninjauan realisasi dandes di Desa Popodu Kecamatan Bolaang Uki. Kemudian mensosialisasikan instruksi Kemendes nomor 1 tahun 2017 yang meliputi empat program dandes.

Pertama pengembangan program unggulan kawasan pedesaan, kedua pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), ketiga pembangunan embung (penampungan air), serta pembangunan sarana olah raga di desa.

"Mereka sudah mengunjungi beberapa daerah, kemudian katanya Bolsel daerah yang merealisasikan dandes sesuai aturan yang berlaku," kata Deky, Rabu (9/8) diruang kerjannya.

Deky menambahkan, penggunaan dandes yang disalurkan oleh pemerintah pusat melalui Pemerintah Daerah (Pemda) harus difokuskan pada empat program tadi.

Hal tersebut sesuai dengan harapan pemerintah pusat agar setiap desa se Indonesia yang menerima dandes bisa menggali potensinya masing - masing.

"Sasarannya untuk mengembangkan daerah posok agar berkembang cepat," kata dia.

Deky meminta agar masyarakat desa turut serta berperan aktif dalam segala program pembangunan baik itu fisik maupun non fisik.

Kemudian kepada aparat desa diminta untuk menjaga nama baik wilayahnya, sehingga kedepan akan semakin diperhatikan oleh pemerintah pusat.

"Kuncinya hanya taat asas, jangan keluar dari koridornya sehingga tidak akan mendapat masalah dikemudian hari," jelas Deky.

Sementara itu ditempat terpisah Wakil Bupati (Wabup) Iskandar Kamaru mengatakan kunjungan Kemendes ke Bolsel adalah satu kebanggaan. Apalagi kunjungan ini dalam rangka menggelar sosialisasi dan memberikan pemahaman pengelolaan dandes kepada para aparat desa.

"Alhamdulilah kunjungan kemendes ini mereka mengapresiasi Pemda Bolsel karena telah merealisasikan dana tersebut sesuai harapan," tandasnya. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help