TribunManado/

Menengok Kampung KB Labuan Uki

Labuan Uki, desa yang menyatu dengan pelabuhan memegang gelar kampung keluarga berencana di Bolaang Mongondow.

Menengok Kampung KB Labuan Uki
FINNEKE WOLAJAN
Kawasan kumuh di sebelah pelabuhan labuan Uki 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Labuan Uki, desa yang menyatu dengan pelabuhan memegang gelar kampung keluarga berencana di Bolaang Mongondow

Menurut penilaian Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, desa di Kecamatan Lolak ini memang layak mendapat perhatian lebih untuk pembangunan.

Tak hanya pembangunan insfrastruktur, tapi juga pembangunan manusianya. Di kampung ini pasangan usia subur tinggi, sementara partisipasi program KB kurang.

Capaian KB pun rendah. Anak berumur di bawah lima tahun juga cukup banyak. Desa ini pun termasuk pinggiran dan banyak pemukiman kumuh.

Atas dasar itulah, kenapa Labuan Uki menjadi kampung KB di Bolmong, sejak akhir 2016 lalu. Melihat lebih dekat kampung ini, di tiap titik ada papan yang bertuliskan pesan agar masyarakat aktif ikut program dua anak saja cukup, sebagai program nasional.

Terpantau banyak anak-anak yang berlarian di jalan, maupun mereka yang bermain-main di pantai. Desa ini agak jauh ke dalam, dari jalan trans sulawesi. Banyak pemukiman warga yang terlihat kumuh, terutama di pinggiran pantai dekat pelabuhan. 

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help