TribunManado/

Guru Lulusan IPA Biologi di Boltim Harus Mengajar Agama Kristen

Unggu Saroinsong, guru IPA SMP Satu Atap (Stap) Molobog, Bolaang Mongondow Timur, harus mengajar di luar basic ilmunya.

Guru Lulusan IPA Biologi di Boltim Harus Mengajar Agama Kristen
net
ilustrasi guru 

TRIBUNMANADO. CO. ID, TUTUYAN- Unggu Saroinsong, guru IPA SMP Satu Atap (Stap) Molobog, Bolaang Mongondow Timur, harus mengajar di luar basic ilmunya.

"Harus bagaimana, saya harus mengajar dua bidang studi matematika dan agama kristen, karena kurang tenaga guru," ujar Unggu Saroinsong

Kata dia, hampir seluruh mata pelajaran yang diujian nasional, diajari bukan tenaga pengajar khusus ilmu tersebut.

"Saya basic IPA Biologi, harus mengajar Matematika dan agama kristen, sedangkan Mulok, Bahasa Indonesia diajar oleh guru Bahasa inggris," kata dia.

Lanjut dia, walaupun sebagai guru, langkah baiknya, jika murid diajarkan oleh tenaga pengajar yang mempunyai basic ilmu tersebut, agar penjelasaannya mendalam.

Kepala Sekolah SMP Stap Molobog Abdul Malik Hatam mengatakan, memang di sini kekurangan tenaga pengajar matematika, Mulok dan seni budaya serta bahasa Indonesia.

Kata dia, jumlah guru 7 orang, sedangkan mata pelajaran 11, dengan jumlah murid 84 siswa.

"Memang sangat disayangkan, karena guru-guru yang diperlukan harusnya mempunyai ilmu basic, agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik," ujar Abdul Malik Hatam.

Kadis Pendidikan Yusri Damopolii mengatakan, memang Boltim kekurangan guru. Maka kepala sekolah haruslah pandai membaca situasi.

Kata dia, kalau guru IPA mengajar Matematika, masih boleh, karena basic ilmunya hampir sama, sedangkan guru Bahasa Inggris mengajar Bahasa Indonesia itu sejalan.

"Saya akan usahakan untuk segera menambah guru, jadi akan dilihat dulu, mana sekolah yang sudah kelebihan guru. Tinggal disesuaikan saja," ujar dia. (Ven)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help