TribunManado/

Tomohon International Flowers Festival

Gelaran Tomohon International Flowers Festival, PHRI: Tingkat Okupansi Meningkat Hingga 80 Persen

"Adanya TIFF memberikan dampak cukup bagus untuk okupansi hotel, saat ini saja sekitar 80 persen,"

Gelaran Tomohon International Flowers Festival, PHRI: Tingkat Okupansi Meningkat Hingga 80 Persen
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Suasana Tournament of Flower (ToF) di Kota Tomohon. Tampak kendaraan bungan hias miliki Australia, pada Selasa (8/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Hajatan Tomohon International Flowers Festival (TIFF) memberikan dampak terhadap tingkat hunian atau okupansi hotel meningkat menjadi 80 persen di Kota Manado. Hal ini karena banyaknya pengunjung yang datang untuk berpartisipasi dengan kegiatan tersebut.

"Adanya TIFF memberikan dampak cukup bagus untuk okupansi hotel, saat ini saja sekitar 80 persen," ujar Ketua Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara (Sulut), Johnny Lieke, Selasa (8/8/2017).

Meskipun kegiatan ini berada di Tomohon, namun banyak pengunjung maupun wisatawan yang ingin melihat festival internasional menginap di Manado, sehingga meningkatkan tingkat hunian kamar.

"Biasanya mereka akan pergi pagi hari ke Tomohon untuk melihat festival bunga tersebut, kemudian pada sore hari kembali lagi ke Manado," ujar Lieke.

Untuk itu, dia berharap agar pemerintah menggelar lebih banyak event internasional seperti TIFF, sehingga semakin banyak wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke Sulut. Jika ini terjadi maka dampak tak hanya terhadap hunian hotel, melainkan sektor jasa lainnya.

Director Of Sales (DOS) Sintesa Peninsula Hotel Manado, Julita Wowor mengatakan, untuk okupansi hotel saat ini sekitar 80 persen. Hal ini karena selain adanya kegiatan Meeting Intensive Convention and Exebition (MICE) juga adanya TIFF.

Karena  itu dengan adanya even internasional di Sulut maupun kegiatan lainnya meningkatkan hunian kamar. Sehingga memang memberikan dampak positif bagi kemajuan pariwisata di Sulut.

Hal yang sama juga dikatakan Public Relation Mercure Manado Tateli Beach Hotel, Quin mengungkapkan adanya  TIFF memberikan dampak positif bagi pariwisata Sulut, apalagi saat ini kunjungan wisatawan Sulut meningkat.

"Saat ini wisatawan dari Tiongkok meningkat, adanya TIFF memberikan dampak yang baik," katanya.

Apalagi wisatawan dari Negeri Panda tersebut dalam paket wisatanya ada city tour yang mengunjungi Tondano dan Tomohon. Dengan demikian para turis yang berkunjung ke Sulut bisa menyaksikan festival bunga tersebut. "Untuk okupansi hotel saat ini di atas 80 persen," ungkapnya.

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help