TribunManado/

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kotamobagu Sulap Motor Vespa Jadi Tempat Baca

Panas terik serasa membakar kulit saat berada di lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil Kotamobagu.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kotamobagu Sulap Motor Vespa Jadi Tempat Baca
CHRISTIAN WAYONGKERE
Sejumlah siswa dan masyarakat asik duduk sambil membaca diatas motor vespa yang ditampilkan Dinas Perpustakan dan aset daerah kotamobagu dalam pemeran Roadshow Perpustakaan 2017 Rabu (9/8) di lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil. 

TRIBUNMANADO.CO.ID,KOTAMOBAGU-Panas terik serasa membakar kulit saat berada di lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil Kotamobagu.

Namun tak lama kemudian, suasana panas dan gerah seakan hilang sejenak ketika menjumpai satu unit motor Vespa warna hijau dan dua unit sepeda ontel terparkir didepan stand Dinas Perpustakaan dan arsip daerah Kotamobagu.

Dikelilingi bangku terbuat dari kayu nampak sejumlah siswa berseragam sekolah asik duduk dan menikmati tempat itu.

Mereka ternyata sedang membaca buku berbagai jenis. Kendaraan roda dua itu dipamerkan saat pameran, namun bukan pameran otomotif melainkan bagian dari pameran pelaksanaan roadshow perpustakaan 2017. Khusus motor Vespa dibuat sebagai tempat membaca, pada bagian tempat duduk diletakkan meja panjang dan pakai payung besar pada bagia atap.

"Ini kan kendaraan tergolong kendaraan dulu-dulu, dipilih sebagai tempat untuk membaca supaya bangkitkan keinginan masyarakat membaca," kata kepada Dinas perpustakaan dan arsip daerah Kotamobagu Bambang Ginoga melalui sekretaris Dinas Reny Gerungan S.Psi kepada Tribun Manado Rabu kemarin.

Menurutnya dengan suasana tempat membaca yang berbeda dari tempat membacara lazimnya, bisa dilakukan ditempat terbuka supaya bisa mendapat inspirasi. "Konsep seperti ini mudah-mudahan akan kami terapkan di Kotamobagu, dengan pertimbangan dana," tandasnya.

Mifta Dadae seorang pelajar SMP N 8 Kotamobagu disambangi sedang membaca buku tentang luar angkasa diatas motor Vespa. Bersama rekan-rekannya nampak begitu menikmati buku-buku yang dibaca. "Tempat baca seperti ini nyaman dan bagus sangat unik, ini baru pertama kali membaca diatas motor," kata Mifta.

Sementara itu dalam pelaksanaan roadshow Perpustakaan walikota Tatong Bara pihaknya terus dan tengah berupaya menjangkau semua masyarakat dimanapun untuk membaca melalui kendaraan perpustakaan keliling.

"Kami sangat semangat bangun daerah dengan gemar membaca melalui roadshow perpustakaan ini tingkatan minat dan budaya membaca," pesan Tatong.

Pemkot Kotamobagu melakukan berbagai inovasi seperti pelatihan dan bimtek (Bimbingan teknis) untuk petugas perpustakaan diseluruh Kotamobagu. Lewat management dan teknis pengelolahan perpustakaan secara profesional.(christianwayongkere)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help