TribunManado/

Dianggap Mimpi Buruk, 3 Serangga Ini Malah Berharga Bagi Rumah

Rumah yang memiliki laba-laba dan serangga terdengar seperti mimpi buruk

Dianggap Mimpi Buruk, 3 Serangga Ini Malah Berharga Bagi Rumah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rumah yang memiliki laba-laba dan serangga terdengar seperti mimpi buruk. Namun, sejumlah serangga pilihan justru mendatangkan keuntungan di sekitar rumah kita. Apa saja?

Sarah Bonney, kandidat PhD di Universitas Charles Darwin dan penyelenggara Festival Serangga di ibukota Northern Territory Australiaitu, mengatakan memang kebanyakan orang menganggap serangga dan invertebrata sebagai hal buruk.

"Padahal serangga memainkan peran yang sangat besar di dunia," katanya kepada ABC News.

"Tanpa serangga kita tidak akan memiliki banyak makanan. Mereka menjaga agar tanah kita tetap subur, dan pada dasarnya membuat dunia kita tetap berputar," ujarnya.

Selain berperan dalam hal lingkungan, kumbang, serangga dan invertebrata lainnya juga bisa membantu kita.

Menurut Bonney dan peneliti Macquarie University Dr Lizzy Lowe, langkah pertama adalah menjauhkan pestisida dan memahami serangga mana yang bisa membantu kita.

Laba-laba

Ilustrasi
Ilustrasi (SHUTTERSTOCK)

Mengingat beragamnya spesies serangga yang bisa hidup baik di dalam maupun di luar rumah kita, laba-laba bisa menjadi cara efektif untuk mengendalikan populasi serangga.

Dan jika kita bisa hidup dengan kesadaran bahwa kita berbagi ruang dengan laba-laba, mereka bisa menjadi teman serumah yang sangat baik.

Dr Lowe selama ini mempelajari laba-laba dan peran mereka di lingkungan perkotaan.

Halaman
123
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help