TribunManado/

Riston: DBH Cukai Rokok Itu Untuk Pelayanan Kesehatan

Riston Mokoagow, mengatakan tahun ini Dana Bagi Hasil (DBH) pajak rokok peruntukannya hanya untuk pelayanan kesehatan

Riston: DBH Cukai Rokok Itu Untuk Pelayanan Kesehatan
FELIX TENDEKEN
Riston Mokoagow Anggota DPRD Bolsel dari Partai Hanura, Selasa (8/8). 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Riston Mokoagow, mengatakan tahun ini Dana Bagi Hasil (DBH) pajak rokok peruntukannya hanya untuk pelayanan kesehatan baik itu di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun Rumah Sakit (RS).

"Selain itu juga untuk sosialisasi bahaya merokok dan kawasan bebas asap merokok," kata Riston di depan kantor DPRD Bolsel, Selasa (8/8).

Kata dia, terkait DBH pajak rokok pos penganggarannya harus melalui dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan (Dinkes). Pada prinsipnya DBH tidak bisa dianggarkan untuk kegiatan lain.

"Apalagi tanpa peraturan perundang - undangan tentang cukai rokok, itu tidak bisa," kata Riston.

Ketua badan legislatif (baleg) ini membeberkan, tahun sebelumnya DBH dianggarkan untuk pengadaan infrastruktur. Kemudian tahun ini dikembalikan pada fungsi pelayanan kesehatan.

"Untuk jumlah DBH pajak rokok dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pagu anggarannya sebesar Rp 2,5 miliar," beber Riston.

Kata dia, regulasi tersebut akan dimasukan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) di masing - masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan.

Anggota legislatif besutan partai Hanura ini, menjelaskan untuk sosialisasi itu tugas bagian hukum. Pihaknya hanya berperan sebagai trantib.

Menanggapi informasi tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolsel dr Sadli Mokodongan, mengatakan surat tentang rokok sudah ada regulasinya.

"Kalau tidak salah regulasinya dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2014 tentang penggunaan pajak rokok," kata Sadli.

Menurut Sadli saat ini kelanjutan aturannya sementara disusun kemudian akan masuk RKAP tahun ini. Apalagi Dinkes sendiri dipercayakan untuk mengelola dana tersebut.

"Nanti pemanfataanya ke seluruh Puskesmas," tukasnya. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help