TribunManado/

Masyarakat Keluhkan Bayar Mahal Perpanjangan SIM di Mobil SIM Keliling

Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling Minahasa dikeluhkan masyarakat pasalnya petugas diduga memungut biaya lebih dari semestinya.

Masyarakat Keluhkan Bayar Mahal Perpanjangan SIM di Mobil SIM Keliling
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling Minahasa dikeluhkan masyarakat pasalnya petugas diduga memungut biaya lebih dari semestinya.

"Pada bulan Januari 2017 SIM saya habis masa berlaku dan saya melakukan perpanjangan di mobil SIM keliling," jelas seorang warga Langowan yang minta namanya tak di sebutkan.

Ia mengatakan, saat melakukan pengurusan tersebut ia diminta oleh petugas untuk membayar Rp 250 ribu. Ia sempat bertanya namun petugas malah mengatakan bahwa jika mau membayar kurang dari itu, malah diminta langsung ke kantor Polres Minahasa saja langsung dengan membawa sejumlah berkas.

"Saya di suruh bayar begitu, terpaksa saya harus bayar," jelasnya. Padahal sebenarnya untuk pembayaran perpanjangan SIM hanya membayar Rp 100 ribu di bank dan Rp 50 ribu untuk surat keterangan kesehatan.

Sementara keberadaan mobil SIM keliling untuk mempermudah masyarakat yang jauh untuk memperpanjang SIM, semisal wilayah Langowan dan Kawangkoan.

Sementara itu, Ruddy Repi Kasat Lantas Polres Minahasa menjelaskan bahwa untuk pengurusan SIM di mobil SIM keliling tidak ada pembayaran lebih.

"Pembayaran normal, tidak ada biaya lain-lain, dan kalau ada seperti itu hanya oknum saja dan saya segera tindaklanjuti untuk petugas yang melakukan itu," jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat yang melakukan perpanjangan SIM membayar sesuai dengan yang ditentukan dalam aturan.

"Saya akan cari tahu petugas tersebut dan akan memberikan teguran bahwa arahan kepada petugas agar tidak mengulangi perbuatan mereka, sebab itu memberatkan masyarakat, sebab kita harusnya membantu," ujarnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help