TribunManado/

Longsor di Tanjung Kotabunan, Sehan Keluarkan Dana Rp 200 juta Sewa Eksavator

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur keluarkan dana Rp 200 juta untuk menanggulangi longsor di Tanjung Kotabunan.

Longsor di Tanjung Kotabunan, Sehan Keluarkan Dana Rp 200 juta Sewa Eksavator
VENDI LERA
Sehan Keluarkan Dana Rp 200 juta Sewa Eksavator 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur keluarkan dana Rp 200 juta untuk menanggulangi longsor di Tanjung Kotabunan.

"Saya keluarkan dana, karena sampai detik ini, tidak ada perhatian dari instansi terkait, untuk turun tangan mengatasi masalah tersebut," ujar Bupati Boltim Sehan Landjar, Senin (7/8).

Dana 200 juta diperlukan untuk menyewa 2 unit alat berat (eksavator).

Kata dia, jika dibiarkan. Banyak masyarakat Boltim yang akan mengalami kecelakaan di tanjung tersebut. Sebab sejauh ini, batu dan tanah terus berjatuhan dari gunung.

"Jika memang tidak ada perhatian dari Balai Jalan. Maka saya sarankan instansi itu, ditutup saja. Karena tidak mau melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten Boltim," kata dia

Anggota DPRD Komisi II Argo Sumaiku mengatakan Balai  Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) harus segera turun ke lokasi longsor.

"Lihat dulu, bagaimana kondisinya. Karena jalan ini bukan saja dilewati oleh masyarakat Boltim, akan tetapi dari luar yang ingin ke Boltim, Kotabunan serta Minahasa Selatan," ujar Sumaiku.

Argo menambahkan, jika memang tidak menindak lanjuti, maka akan menyurat ke Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Sementara Kepala Balai Jalan Nasional Wilayah XV Riel Mantik mengatakan, jalan Dodap-Togid di Boltim yang longsor waktu lalu, memang jadi wewenang, sedangkan longsor di tebing Kotabunan menjadi pekerjaan PU Provinsi Sulut.

"Jalan di Togid-Dodap sudah ditindak lanjuti, dengan mengirim tim. Untuk melakukan penelitian struktur tanah sedangkan tebing Kotabunan bukan wewenang kami," ujar Riel Mantik.(Ven)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help