TribunManado/

Ternyata ini Arti Nama Desa Kotabunan di Boltim

"Tak banyak warga yang mengetahui asal nama Kotabunan serta kapan pertama kali berdiri. Sebab banyak yang tidak ingin tahu,"

Ternyata ini Arti Nama Desa Kotabunan di Boltim
TRIBUNMANADO/ALDI PONGE
Pengunjung menikmati keindahan Pulau Bombuyonai di Kotabunan, Boltim 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Nae Mokodompit, Tokoh masyarakat Kotabunan menceritakan asal mula terbentuknya Desa Kotabunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Katanya, awal nama Kotabunan adalah Kotimbunan artinya tanah timbunan. Sebab dulunya daerah ini rawa. Kampung ini pertama dibentuk pada 1901 oleh suku Mongondow.

"Tak banyak warga yang mengetahui asal nama Kotabunan serta kapan pertama kali berdiri. Sebab banyak yang tidak ingin tahu," ujar Nae Mokodompit, pada Sabtu (5/8/2017).

Lanjut dia, kala itu semakin banyak penduduk, maka dilakukan pemekaran menjadi empat dusun dengan seorang Sangadi (kepala desa) yakni Dusun Satu dinamakan 'Kobo', saat ini Desa Bulawan Dua.

Dusun Dua dinamakan 'Tambahan', saat ini Desa Bulawan Satu, Dusun Tiga bernama 'strat tengah', saat ini Desa Kotabunan) dan Dusun Empat namanya Kotobangon, saat ini Desa Kotabunan Barat.

HT Potabuga, Sangadi Kotabunan periode 1986-2003 mengatakan Kotabunan saat ini sudah dimekarkan tujuh desa yakni Kotabunan, Kotabunan Barat, Kotabunan Selatan, Bulawan, Bulawan Satu, Bulawan Dua dan Bukaka,

"Semua masyarakat di sini, sudah mulai ditempati oleh pendatang dari Gorontalo, Bugis, Sangihe dan Minahasa. Awalnya bertani dan nelayan, kini jadi penambang emas," jelasnya.

Kata dia, penduduk Kotabunan sebagian besar adalah suku Mongondow. Lalu sisanya suku Bugis bermarga Latojo, Lasambu, Lamaluta, Lawatu, Lasabuda. Mereka paling banyak mendiami Desa Bulawan.

Penulis: Vendi Lera
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help