TribunManado/

PLN Turunkan Dua Eskavator Bersihkan Eceng Gondok di DAS Tondano Karena Pengaruhi Debit Air

Dampak tertutupnya DAS Tondano dengan eceng gondok tak hanya dirasakan oleh warga dan nelayan tapi juga PLTA Tondano.

PLN Turunkan Dua Eskavator Bersihkan Eceng Gondok di DAS Tondano Karena Pengaruhi Debit Air
ALPEN MARTINUS
DAS Tondano dipenuhi eceng gondok 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Dampak tertutupnya DAS Tondano dengan eceng gondok tak hanya dirasakan oleh warga dan nelayan tapi juga PLTA Tondano.

Menurut Ahadi Kepala Sektor PLN Tondano mengatakan akibatnya berpengaruh pada debit air yang masuk ke turbin PLTA Tondano.

"Jelas sangat berpengaruh sekali, namun kami sudah menurunkan alat untuk melakukan pembersihan, ada dua eskavator yang kami turunkan sudah seminggu ini," jelasnya.

Menurutnya, membersihkan eceng gondok sudah menjadi tanggungjawab mereka juga.
"Kita mulai dari dekat pintu air, kalau di mulut danau kita pasang penghalang agar enceng tertangkap di sana," jelasnya.

Ia menargetkan, dua minggu kedepan eceng gondok di sepanjang aliran sungai sampai ke pintu air Tonsea Lama sudah bersih diangkat.

"Kita usahakan dua minggu ke depan selesai, semoga angin selatan juga berkurang, soalnya angin selatan cukup kencang sehingga banyak yang lewat," jelasnya.

Ia mengatakan bahea pembatas eceng gondok kan tidak menutup 100% lebar sungai, sebab jika tertutup penuh nelayan tidak bisa lewat.

Namun menurutnya, meski menurunnya debit air tidak mempengaruhi listrik di wilayah PLN Tondano."Suplai daya sistem kelistrikan Sulutgo lebih dari cukup, kalau ada daerah yang padam biasanya lantarab gangguan jaringan," jelasnya.

Ahadi berharap agar pemerintah melakukan pembenahan Danau Tondano sehingga menjadi bersih, karena selain DAS menjadi lancar juga ada potensi wisata danau dan sungai Tondano. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help