TribunManado/

Pansus Desak PT Conch Beri Jaminan Bekerja

PT Conch North Sulawesi Cement juga memperkerjakan pekerja lokal asal Bolaang Mongondow.

Pansus Desak PT Conch Beri Jaminan Bekerja
FINNEKE WOLAJAN
Pansus Conch mengunjungi PT Conch untuk mengecek langsung perizinan di perusahaan ini. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - PT Conch North Sulawesi Cement juga memperkerjakan pekerja lokal asal Bolaang Mongondow. Pekerja yang umumnya berasal dari warga sekitar tambang ini turut dalam proses konstruksi pabrik.

Dalam proses konstruksi ini, pekerja Cina maupun lokal sama-sama menjadi pekerja kasar. Tribun sempat memantau kawasan pabrik pekan lalu, tampak pekerja sedang membangun sejumlah bangunan.

Ada pula yang berada di sekitar pelabuhan, tampak mengotak-atik potongan besi yang sangat banyak. Terpantau ada warga Cina, ada pula warga lokal.

Panitia Khusus Conch DPRD Bolmong mendapati pekerja lokal yang sedang bekerja di PT Conch tak memiliki jaminan apa-apa. Baik jaminan kesehatan maupun jaminan ketenaga kerjaan.

"Kami mendapati semua pekerja tak ada BPJS kesehatan. Padahal kerja ini sangat berisiko. Mereka kerja kasar, kalau jadi apa-apa siapa yang tanggung," ujar Ketua Pansus Yusya Alhabsyi, Minggu (6/8).

Memang beberapa pekerja lokal ada jaminan itu, namun lebih banyak mereka yang tak punya itu. Pansus pun mendorong perusahaan untul segera mengatur itu.

Anggota pansus, Marthen Tangkere juga berkata, masalah jaminan ini merupakan masalah kemanusiaan. Masalah mendesak yang harus segera diselesaikan.

Pansus berkata, masalah ini sudah dikomunikasikan dengan perusahaan. Perusahaan pun berjanji segera menindak lanjuti itu. "Perusahaan bersedia membuatnya. Kami akan terus cek. Masih akan ada pertemuab-pertemuan selanjutnya," jelas Yusra.

"Kalau jadi apa-apa perusahaan mau tanggung jawab ? Dengan adanya jaminan, tak minta-minta terjadi apa-apa, setidaknya meringankan pekerja lokal yang menjadi pekerja," ujarnya.

Salah seorang pekerja PT Conch, yang mengaku bernama Adi, warga Inobonto mengatakan memang selama bekerja di perusahaan ia tak memiliki jaminan kesehatan. "Sejauh ini belum," ujar Adi, saat diwawancarai Jumat pekan lalu. Adi tampak enggan untuk diwawancara.

Data pekerja lokal di PT Conch sekarang ada 709 pekerja. Data ini sesuai yang dikantongi pansus, berdasarkan data di Dinas Tenaga Kerja Bolaang Mongondow. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help