TribunManado/

DAS Tondano Tertutup Eceng Gondok Dua Minggu Nelayan tak Bisa Cari Ikan di Danau

Ratusan nelayan yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan di danau Tondano sudah hampir dua minggu ini nganggur.

DAS Tondano Tertutup Eceng Gondok Dua Minggu Nelayan tak Bisa Cari Ikan di Danau
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Eceng gondok tumbuh subur di sepanjang pinggiran Danau Tondano di Kabupaten Minahasa. Jika Tak dibersihkan, tanaman ini menutup danau terbesar di Sulut ini 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Ratusan nelayan yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan di danau Tondano sudah hampir dua minggu ini nganggur.

Mereka tidak bisa lagi mencari ikan di danau Tondano lantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano dari mulut danau Tondano di Tolour hingga ke pintu air Tonsea Lama dipenuhi eceng gondok sehingga akses bagi mereka tertutup.

Eceng gondok yang menutupi DAS Tondano tersebut terlihat sudah padat dan tidak bergerak lagi, sehingga sangat susah dilalui oleh perahu nelayan.

Sepanjang danau aliran sungai tersebut banyak dihuni nelayan di antaranya dari desa dan kelurahan Tolour, Kiniar, Roong, Tutu, taler, Rinegetan, Ranowangko, Rerewokan, dan Wengkol.

"Sudah seminggu lebih kami tidak bisa pergi tanam pukat di Danau Tondano lantaran perahu kami sudah terjepit eceng gondok dan tidak bisa kemana-mana lagi," ujar Tommy Sumarandak.

Akibatnya perahu dan jaring miliknya belum bisa digunakan lagi."Terpaksa jaring cuma tabiar di pinggir, mau bagaimana lagi tidak bisa keluar perahu," jelasnya.

Hal sama dirasakan Jimmy Parengkuan nelayan asal Tutu yang terpaksa nganggur lantaran perahunya tidak bisa keluar akibat terjepit eceng gondok.

"Terpaksa nganggur lantaran keahlian hanya itu saja, sana jaring saya dan perahu sudah tidak saya gunakan lagi lantaran tidak ada akses keluar lagi," jelasnya.

Ia menjelaskan, setiap hari dirinya kehilangan pendapatan Rp 200 ribu lantaran tidak menanam pukat di danau Tondano."Itu pendapatan bersih tiap hari, tapi ini sudah dua minggu tidak tanam pukat ya tidak ada pemasukkan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help