TribunManado/

Jika Tak Bisa Dikembangkan lagi, Bandara Samrat akan Dipindahkan ke Lokasi ini

"Secara alam pengembangan Bandara Samrat terhambat, karena adanya halangan bukit. Kemungkinan kita membangun bandara baru di Sulut,"

Jika Tak Bisa Dikembangkan lagi, Bandara Samrat akan Dipindahkan ke Lokasi ini
KOMPAS.COM
Bandara International Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PT Angkasa Pura I (Persero) berencana akan membangun bandara baru di Sulawesi Utara (Sulut) jika Bandara Sam Ratulangi (Samrat) yang saat ini ada sudah tidak bisa lagi untuk pengembangan.

"Secara alam pengembangan Bandara Samrat terhambat, karena adanya halangan bukit. Kemungkinan kita membangun bandara baru di Sulut," ujar Danang S Baskoro Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura I (Persero),  Foor Points By Sheraton, Kamis (3/8/2017).

Untuk itu, pihaknya sedang kalkukasi kemudian menghitung secara keuangan untuk pembangunan tersebut. Setelah diperoleh akan diputuskan.

Untuk lokasinya saat ini baru ada di daerah Pantai Pal. Namun hal tersebut masih perkiraan saja.

"Hal ini karena di daerah tersebut merupakan lahannya masih PTPN, sehingga tidak perlu meresahkan masyarakat. Kemudahan ini yang menjadi pertimbangan dalam pembangunan bandara," ungkapnya.

Adanya lokasi wisata di daerah tersebut juga menjadi pertimbangan, seberapa jauh dari resortnya.

"Semua akan menjadi pertimbangan dimana yang paling tepat. Itu juga kalau di Manado tidak bisa dikembangkan," ungkapnya.

Pengembangan Bandara Samrat dilakukan karena pertumbuhan pariwisata dan penumpang domestik setiap tahun meningkat. Sehingga kapasitas dari terminal di bandara yang sebelumnya masih menampung, sudah mulai ramai.

"Oleh karena pengembangan terminal akan dilakukan untuk memenuhi permintaan maskapai," katanya.

Sehingga nantinya pesawat berbadan lebar bisa mendarat di Bandara Samrat. Sehingga pengembangannya termasuk memperpanjang landasan hingga 3.000 meter jika memungkinkan.

"Dengan harapannya nantinya bisa menunjang pariwisata," ungkapnya.

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help