TribunManado/

Sekda Bolmut: Perbankan Diharapkan Topang Pengembangan Ekonomi Daerah

Asripan Nani, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berharap perbankn yang ada di daerah, pro aktif untuk ikut menopang pembangunan eko

Sekda Bolmut: Perbankan Diharapkan Topang Pengembangan Ekonomi Daerah
Warsteff Abisada
Asripan Nani, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memimpin rapat 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID-- Asripan Nani, Sekretaris  Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berharap perbankn yang ada di daerah, pro aktif untuk ikut menopang pembangunan ekonomi masyarakat. Caranya dengan memberikan fasilitas keuangan melalui pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di daerah. 

"Pendanaan sebagian besar masih bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),  jadi sangat terbatas untuk menanggulangi kebutuhan yang ada. Makanya diharapkan peran perbankan untuk membangun ekonomi daerah, dengan memberikan modal usaha yang dapat menunjang sumber-sumber pendapatan masyarakat," kata Asripan saat menggelar rapat bersama jajaran pimpinan BRI, BNI, dan Bank Sulut, Senin (1/8).

Dalam rapat tersebut pihak BRI  menyatakan komitmennya untuk bersama pemerintah dalam membangun daerah. Tercatat hingga 2017, BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 23,7 Milyar di sektor Pertanian, Perikanan, Industri serta pengolahan dan jasa. 

Khusus Bank SulutGo sejak Tahun 2015 tidak lagi diberikan kewenangan untuk menyalurkan KUR. Tapi, kini Bank SulutGo sudah menyediakan fasilitas modal usaha melalui Kredit Usaha Mitra Sejahtera (KUMS) dan telah berjalan untuk para petani dan nelayan.

"Perbankan diharapkan memberikan KUR kepada kelompok usaha masyarakat yang telah melalui proses pembinaan dan pelatihan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk menunjang kegiatan produksi.  Sebab, saat ini KUR hanya diberikan kepada usaha perorangan," tukas Asripan. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help