TribunManado/

Bangun TPA Senilai Rp 15 Miliar, Pemda Bolmong Minta Warga Tak Khawatir Bau

Warga Desa Inuai, Kecamatan Passi Barat resah akan kehadiran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di desa mereka.

Bangun TPA Senilai Rp 15 Miliar, Pemda Bolmong Minta Warga Tak Khawatir Bau
Tribun Manado
ILUSTRASI : TPA 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Warga Desa Inuai, Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resah akan kehadiran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di desa mereka.

Mereka khawatir, TPA yang berjarak tak jauh dari pemukiman warga ini akan menimbulkan bau busuk.

Meski resah, warga tak menolak pembangunan TPA ini. Hanya berharap TPA ini tak mengganggu kehidupan mereka. 

Kepala UPTD Sampah Bolmong, Rahmat Rahman mengakui adanya keluhan warga terkait keberadaan TPA ini. Sebab jaraknya hanya kurang satu kilometer dari pemukiman.

Pemerintah pun sudah memanggil warga dan pemerintah setempat. Warga mendapat penjelasan mengenai keberadaan TPA berteknologi tinggi tersebut.

"Kami beri penjelasan bahwa TPA ini bukan seperti TPA dulu-dulu yang membawa hawa busuk ke warga. TPA ini sudah sekalian dengan teknologi daur ulang sampah," ujarnya Rabu (2/8/2017).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yudha Rantung mengatakan dalam TPA ini ada bank sampah yang mengelompokkan sampah. Ketika sampah diangkut, sudah terpilah-pilah.

"Mana sampah organik, mana yang organik. Di TPA ini dipasang terpal tebal yang bisa tahan hingga 100 tahun. Ketika sampah tiba, langsung diolah. Mana yang bisa jadi pupuk, mana yang plastik," ujarnya.

Dengan teknologi seperti itu, warga sekitar tak perlu resah dengan bau tak sedap. Yuda menjamin TPA ini takkan menggangu pemukiman warga dengan bau tak sedap.

"Kami sudah beberapa kali studi banding untuk pembangunan TPA ini. Dan memang, TPA yang menggunakan teknologi ini memang tak bau sama sekali," terangnya.

Sampah-sampah plastik pun nantinya akan berguna bagi warga sekitar. Sebab harga jual plastik bekas bisa mencapai Rp 4 ribu per kilogram. Dampak positif dari keberapaan TPA ini dirasakan langsung.

"Plastik-plastik ini bisa menghasilkan uang nantinya. Untuk warga yang mau protes, silakan sampaikan ke kami. Kalau ada keberatan apa-apa soal TPA ini, silakan lapor langsung. Kami terbuka," tutur Yudha.

Pemkab Bolmong sedang membangun TPA ini dengan anggaran Rp 15 miliar. TPA direncanakan akan beroperasi Januari 2018 nanti. 

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help