Warga Bolmong Demo Bela Yasti

Warga Bolaang Mongondow (Bolmong) akhirnya bereaksi atas penetapan tersangka terhadap Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow.

Warga Bolmong Demo Bela Yasti
TRIBUNMANADO/NIELTON DURADO
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK‑Warga Bolaang Mongondow (Bolmong) akhirnya bereaksi atas penetapan tersangka terhadap Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow.

Ribuan warga melakukan aksi damai, Senin (31/7).
Awalnya warga berkumpul di depan pabrik PT Conch. Di situ personel polisi tampak siaga. Namun tak lama di situ, warga lalu mengarah ke jalur dua, Kantor Bupati di Lolak.

Warga yang naik sepeda motor maupun mobil tampak semangat meneriakkan, ''selamatkan bupati''. Warga membaca macam‑macam spanduk bertuliskan dukungan pada Yasti. Banyak yang menuliskan, "Yasti Harga Mati".

Selain spanduk, warga juga membawa ikat kepala bertuliskan "Save Yasti". Ada pula beberapa warga yang membawa bendera merah putih dan mengibarkannya di tiang. Warga dengan lantang meneriakkan selamatkan Yasti.

Setelah sampai di jalur dua depan Kantor Bupati, warga berkumpul dan melakukan orasi. Koordinator aksi Hamri Mokoagow membacakan maksud dan tujuan aksi mereka. Warga pun membacakan enam poin petisi.

Pertama, apa yang terjadi pada PT Conch, bukanlah perusakan seperti apa yamg disangkakan. Melainkan penertiban bangunan yang tidak berizin. Setelah sebelumnya beberapa kali pemda meminta surat IUP, WIUP yang tidak pernah mampu dipenuhi perusahaan.

Kedua, warga sepakat penolak penetapan tersangka kepada bupati yang merupakan tindakan tergesa‑gesa dan patut disayangkan. Tindakan bupati menertibkan PT Conch merupakan upaya yang matang dan penuh pertimbangan.

Ketiga, menolak kriminalisasi bupati. Sebab apa yang dilakukan Yasti merupakan langkah tepat. Pihak berwenang agar bertindak adil dalam hal ini.

Keempat, polisi jangan mudah menetapkan pejabat publik yang membela kepentingan rakyat sebagai tersangka. Karena bisa jadi aparat hukum dianggap hanya membela kepentingan pemilik modal meski mereka melanggar aturan.

Kelima, warga mengecam seluruh pihak yang menggunakan cara apapun dengan merekayasa konflik sebagai alat politik dari ambisi merebut kekuasaan. Karena rakyat Bolmong tidak mau menjadi pewaris konflik dan dendam. Maka warga agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, agar tidak diadu domba dan dipecah belah dengan isu apapun.

Halaman
123
Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help