TribunManado/

Ribuan Warga Mitra Abaikan Dokumen Kependudukan, tak Dijamin Program Pemerintah

"Kita sudah upayakan segala cara bahkan jemput bola ditiap desa. Tapi perhatian warga untuk memiliki dokumen kependudukan masih kurang."

Ribuan Warga Mitra Abaikan Dokumen Kependudukan,  tak Dijamin Program Pemerintah
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak. 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Valdy Vieri Suak

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Masih banyak warga di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang mengabaikan dokumen kependudukan, Senin (31/07).

Baik akte lahir dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masih banyak tak dimiliki warga. Dari data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) 11.133 warga belum memiliki KTP, serta 1.077 anak 0-18 tahun belum memiliki akte lahir.

Dikatakan David Lalandos Kepala Disdukcapil Mitra bahwa perhatian warga untuk memiliki dokumen kependudukan masih kurang.

"Kita sudah upayakan segala cara bahkan jemput bola ditiap desa. Tapi perhatian warga untuk memiliki dokumen kependudukan masih kurang," ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang ditemui saat turun langsung ke lapangan.

"Contoh untuk KTP, saat kita turun langsung untuk perekaman, banyak alasan tak berada di rumah. Sering saya temui ada yang alasan sedang berada di kebun," ungkapnya

Ia juga mengatakan bagi warga yang menganggap remeh dokumen kependudukan kedepan tak akan dijamin program Pemerintah.

"Semua program Pemerintah harus berdasarkan dokumen kependudukan. Jadi pada intinya ada banyak program, yang tak bisa dinikmati warga yang tak punya dokumen kependudukan," akunya.

Lalandos mengatakan, tidak memiliki dokumen kependudukan menimbulkan kerugian pribadi bagi setiap warga.

Halaman
12
Penulis: Valdy Suak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help